Lailiyah, Istighfarotul (2019) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Salafiyah Simbang Kulon II. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang menarik memberikan dampak positif bagi peserta didik untuk lebih mengeksplor pengetahuan agar lebih luas. Dampak yang positif dapat memotivasi belajar siswa untuk lebih produktif. Motivasi tersebut salah satunya berupa antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dalam hal ini materi yang disampaikan akan lebih dipahami dan dipraktekkan dalam sehari-hari. Khususnya materi mengenai pembentukan karakter yang berkaitan dengan moral peserta didik. Maka dalam hal ini model pembelajaran berperan sebagai media dan sarana untuk mengaktuliasasikan tujuan dari pembelajaran tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Salafiyah Simbang Kulon II Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model discovery learning terhadap motivasi belajar siswa yang dilakukan di kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik koesioner (angket). Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dalam pelaksanaannya yaitu menggunakan rumus independent sampel t test, kemudian dicari rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Salafiyah Simbangkulon II, terlihat rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen adalah 98.43 dan untuk kelas kontrol adalah 92.60, artinya hasil rata-rata angket pada kelas eksperimen untuk kelas VIII PC (metode discovery learning) lebih tinggi dengan hasil angket pada kelas kontrol untuk kelas VIII PB (metode langsung). Selain itu, berdasarkan output SPSS diperoleh juga nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil angket kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari uji hipotesis yang didukung dengan penghitungan melalui SPSS nilai t hitung > t tabel (3,134 > 1,989) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Salafiyah Simbang Kulon II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Motivasi Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 14 May 2020 02:46 | ||||||||
Last Modified: | 14 May 2020 02:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
View Item |