Pengaruh keterampilan mengelola kelas guru PAI terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMA Al_Irsyad Pekalongan

Muttaqin, Amrizal (2019) Pengaruh keterampilan mengelola kelas guru PAI terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMA Al_Irsyad Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Kedisiplinan merupakan faktor penting dalam tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk senantiasa mampu mengkondisikan kedisiplinan belajar siswa. Selain sebagai tutor, guru juga memiliki peran fasilitator dan juga motivator, sehingga guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus memiliki keterampilan mengelola kelas yang baik. Fakta dilapangan menunjukan bahwa siswa – siswi SMA Al-Irsyad masih menunjukan sikap kedisiplinan yang rendah dalam setiap pelajaran PAI dikelas. Beberapa siswa masih ada yang terlambat masuk ke kelas, dan tidak mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Selain itu masih banyak ditemukan para siswa yang masih kurang rapi dalam berpakaian, yaitu dengan mengeluarkan baju seragamnya ketika kegiatan belajar-mengajar. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik menguat judul “Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Guru PAI terhadap Kedisiplinan Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA AL-Irsyad Pekalongan” Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh antara keterampilan mengelola kelas guru PAI dengan kedisiplinan belajar PAI siswa SMA AL-Irsyad Pekalogan ; (2) Seberapa besar pengaruh keterampilan mengelola kelas guru PAI dengan kedisiplinan belajar PAI siswa SMA AL-Irsyad Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variable independennya adalah keterampilan mengelola kelas, sedangkan variabel dependennya adalah kedisiplinan belajar PAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Al-Irsyad Pekalongan yang berjumlah 26 siswa, mengingat populasi yang berjumlah kurang dari 100, maka seluruh jumlah populasi diambil dari sebagian sampel dalam penelitian ini, Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengelola kelas dengan kedisiplinan belajar PAI siswa SMA Al-Irsyad Pekalongan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012. Hal tersebut menunjukan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa besar pengaruh antara keterampilan mengelola kelas dengan kedisiplinan belajar PAI siswa SMA Al-Irsyad Pekalongan adalah sebesar 23,6 %. Hasil tersebut menunjukan tingkat pengaruh yang tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengelola Kelas, Kedisiplinan Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 02:54
Last Modified: 14 May 2020 02:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item