Pengaruh Promosi, Pendapatan Nasabah dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Sifitri (Simpanan Idul Fitri) (Studi Kasus di KSPPS BMT An-Najah KC Bojong)

Apriliana, Ultha (2023) Pengaruh Promosi, Pendapatan Nasabah dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Sifitri (Simpanan Idul Fitri) (Studi Kasus di KSPPS BMT An-Najah KC Bojong). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218055_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (975kB)
[img] Text
4218055_Full TExt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan perbankan syariah yang ada di Indonesia tidak lepas dari perkembangan sektor keuangan syariah yang terinspirasi dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Namun, masih sedikit masyarakat yang belum mengenal produk yang ditawarkan pada bank syariah. Oleh karena itu didirikanlah BMT bertujuan agar daerah-daerah yang terpencil dan masyarakat golongan menengah bawah dapat merasakan pelayanan yang ada di BMT. Sehingga adanya lembaga syariah yang berupa BMT ini dapat memudahkan dan meringankan masyarakat yang berada di daerah pelosok atau desa dalam menggunakan produk yang telah disediakan oleh lembaga keuangan syariah yang prinsip-prinsipnya sesuai dengan prinsip syariah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan meningkatnya keputusan nasabah menggunakan produk yaitu seperti promosi, pendapatan nasabah dan kaulitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, pendapatan nasabah dan kualitas produk mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk Sifitri (Simpanan Idul Fitri) di BMT An-Najah KC Bojong. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 84 responden. Kemudian penelitian ini menggunakan metode analisis data, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda dengan alat bantu statistika yaitu SPSS 25. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa secara parsial promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Sifitri, sementara pendapatan nasabah secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Sifitri. Namun secara simultan variabel promosi, pendapatan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Sifitri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCaniago, Siti AminahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Pendapatan Nasabah, Kualitas Produk dan Keputusan Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:57
Last Modified: 22 Nov 2023 08:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item