Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Kafe di Pantai Sigandu Batang)

Sa'adah, Minhatis (2023) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Kafe di Pantai Sigandu Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119242_Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (834kB)
[img] Text
4119242_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Objek wisata Pantai Sigandu Batang dimanfaatkan pelaku usaha untuk membuka usaha kafe. Pelaku usaha memerlukan upaya untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan dengan cara meningkatkan kinerja pemasaran. Kinerja pemasaran dapat dipengaruhi oleh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan promosi serta keunggulan bersaing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Teknik sampling menggunakan Total sampling dengan 74 sampel. Penelitian ini mengunakan metode analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam hipotesis yang positif dan signifikan antara lain pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing, pengaruh promosi terhadap keunggulan bersaing, pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing, pengaruh promosi terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Sedangkan hipotesis yang ditolak berjumlah empat, yaitu inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbadi, Muhammad TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kinerja pemasaran, Keunggulan bersaing, Orientasi kewirausahaan, Inovasi produk, Promosi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:37
Last Modified: 23 Nov 2023 01:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item