Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Tingkat Religiositas Dan Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan)

Putri, Dhela Ananda (2023) Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Tingkat Religiositas Dan Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119172_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4119172_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

PUTRI, DHELA ANANDA. Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Tingkat Religiositas dan Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan (Studi Kasus Pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan). Lembaga keuangan syariah saat ini berkembang pesat dan memiliki peran penting untuk perekonomian Negara. Salah satu lembaga keuangan syariah yaitu Kospin Jasa Syariah Pekalongan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi nasabah dalam melakukan pembiayaan yaitu salah satunya dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah mengenai produk-produk yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, tingkat religiositas dan pelayanan islami terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 81 responden. Teknik pengambian sampel dengan metode purposive sampling. Unuk menganalisis menggunakan suatu alat analisis yaitu SPSS Versi 22. Metode analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji determinasi koefisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan pelayanan islami berpengaruh terhadap keputusan nasabah melakukan pembiayaan pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan. Sedangkan tingkat religiositas tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan. Kemudian secara simultan, pengetahuan produk, tingkat religiositas dan pelayanan islami berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan pada Kospin Jasa Syariah Pekalongan. ABSTRACT PUTRI, DHELA ANANDA. Analysis of the Influence of Product Knowledge, Level of Religiosity and Islamic Services on Customers' Decisions to Make Financing (Case Study at Kospin Sharia Services Pekalongan). Sharia financial institutions are currently developing rapidly and have an important role in the country's economy. One of the sharia financial institutions is Kospin Jasa Syariah Pekalongan, whose main business is providing financing and services whose operations are adjusted to the principles of Islamic sharia. There are many factors that can influence customers in making financing, one of which is providing the best service to customers regarding existing products. The aim of this research is to determine the influence of product knowledge, level of religiosity and Islamic services on customers' decisions in financing Kospin Jasa Syariah Pekalongan. This research uses quantitative methods with the type of field research. The data collection method in this research is a questionnaire method using a sample of 81 respondents. The sampling technique uses a purposive sampling method. To analyze using an analytical tool, namely SPSS Version 22. The analysis method uses validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, hypothesis tests, and coefficient determination tests. The research results show that knowledge of Islamic products and services influences customers' decisions in financing Kospin Jasa Syariah Pekalongan. The level of religiosity does not influence the customer's decision to finance with Kospin Jasa Syariah Pekalongan. Then simultaneously, product knowledge, level of religiosity and Islamic services influence customers' decisions in financing Kospin Jasa Syariah Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEffendi, BahtiarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Tingkat Religiositas, Pelayanan Islami dan Keputusan Pembiayaan Keywords: Product Knowledge, Level of Religiosity, Islamic Services and Financing Decisions
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:29
Last Modified: 24 Nov 2023 01:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item