Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Motivasi, Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Ambarwati, Ambarwati (2023) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Motivasi, Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4219007_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4219007_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Ambarwati. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Motivasi Kerja dan Citra Perusahaan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan Religiositas sebagai Variabel Moderating. Salah satu kendala yang ada pada mahasiswa yang berasalnya dari desa yang masih belum banyak bank syariah. Sehingga mereke lebih memilih bank konvensional, ada juga yang mengagap praktik bank syariah sama sepertk bank konvensional, ada juga mahasiswa yang tidak terlalu mementingkan hal tersebut,dan ada pula pendapat mereka bahwa bunga dengan bagi hasil itu sama. Jika dilihat dari latar belakang pendidikan seharusnya mahasiswa program studi perbankan syariah lebih banyak menabung di bank syariah. Faktor yang mempengaruhi minat atau perilaku seseorang terkait dengan kebutuhan fisik, emosional, sosial dan mentalnya, minat bermula dari sebuah kesenangan dan perilaku positif. Tujuan yang hendak dilakukan penelitian ini adalah: 1) menguji pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat menabung mahasiswa, 2) menguji pengaruh motivasi terhadap minat menabung mahasiswa, 3) menguji pengaruh citra perusahaan terhadap minat menabung mahasiswa, 4) menguji pengaruh religiusitas memoderasi literasi keuangan syariah terhadap minat menabung mahasiswa, 5) menguji pengaruh religiusitas memoderasi motivasi terhadap minat menabung mahasiswa, 6) menguji pengaruh religiusitas memoderasi citra perusahaan terhadap minat menabung mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literasi Keuangan Syariah, Motivasi, Citra Perusahaan, Religiusitas, dan Minat Menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif perbankan syariah angkatan 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan sampel sebanyak 132 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner dengan menggunakan non-probability sampling sample dan pengujiannya menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah, motivasi dan citra perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung mahasiswa aktif perbankan syariah angkatan 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dan variabel religiositas dapat memoderasi Literasi keuangan syariah, motivasi, dan citra perusahaan yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung mahasiswa aktif perbankan syariah angkatan 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Motivasi Kerja, Citra Perusahaan, Minat Menabung, dan Religiositas.   ABSTRACT Ambarwati. The Influence of Sharia Financial Literacy, Work Motivation and Company Image on Interest in Saving in Sharia Banks with Religiosity as a Moderating Variable. One of the obstacles that exist in students who come from villages where there are still not many Islamic banks. So they prefer conventional banks, there are also those who consider the practice of Islamic banks the same as conventional banks, there are also students who do not attach much importance to it, and there is also their opinion that interest with profit sharing is the same. When viewed from the educational background, students of the Islamic banking study program should save more at Islamic banks. Factors that influence a person's interest or behavior are related to his physical, emotional, social and mental needs, interest starts from a pleasure and positive behavior. The objectives to be carried out this study are: 1) testing the influence of Islamic financial literacy on student saving interest, 2) testing the influence of motivation on student saving interest, 3) testing the influence of company image on student saving interest, 4) testing the influence of religiosity moderating Islamic financial literacy on student saving interest, 5) testing the influence of religiosity moderating motivation on student saving interest, 6) examine the effect of religiosity, moderating corporate image, on students' interest in saving. This type of research is field research with a quantitative research approach. Where the variables used in this study are Islamic Financial Literacy, Motivation, Company Image, Religiosity, and Interest in Saving. The population in this study is active Islamic banking students class of 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan with a sample of 132 respondents. The source of data in this study is primary data. The data collection method carried out is the distribution of questionnaires using non-probability sampling samples and testing using Moderated Regression Analysis (MRA) analysis with the help of SPSS 26. The results showed that the variables of Islamic financial literacy, motivation and company image had a significant influence on the interest in saving for active Islamic banking students class of 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. And the variable of religiosity can moderate Islamic financial literacy, motivation, and company image which have a significant influence on the interest in saving active Islamic banking students class of 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Keywords: Sharia Financial Literacy, Work Motivation, Company Image, Interest in Saving, and Religiosity

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Literasi Keuangan Syariah, Motivasi Kerja, Citra Perusahaan, Minat Menabung, dan Religiositas.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:35
Last Modified: 24 Nov 2023 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item