Pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa SMK Ar-Rahman Watusalam

Ni'mah, Khusna Ainun (2018) Pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa SMK Ar-Rahman Watusalam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Belajar dengan suasana yang menyenangkan dapat menumbuhkan minat belajar para peserta didik, salah satunya dengan menunggunakan variasi gaya mengajar. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar sehingga suasana menjadi tidak mendukung untuk memahami materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana variasi gaya mengajar guru PAI SMK Ar-Rahman? Bagaimana minat belajar siswa SMK Ar-Rahman? Adakah pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa SMK Ar-Rahman?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru PAI di SMK Ar-Rahman, mengetahui minat belajar siswa dalam proses pembelajaran di SMK Ar-Rahman, mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar pada minat belajar siswa di SMK Ar-Rahman. Jenis Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variasi gaya mengajar guru PAI di SMK AR-Rahman Watusalam mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa di SMK AR-Rahman Watusalam Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Hal ini dari analisis regresi linier sederhana didapat nilai koefisien a= 25,403 dan nilai koefisien b= 0,551. Jadi persamaan regresinya adalah Y =25,403 + 0,551X. Variasi gaya mengajar guru PAI di SMK AR Rahman Watusalam memiliki skor total= 4540 berada pada interval 3900 ≤ skor ≤ 4800, yaitu termasuk kategori sangat baik. Dan minat belajar siswa di SMK AR Rahman Watusalam memiliki skor total= 4025 berada pada interval 3900 ≤ skor ≤ 4800, yaitu termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil akhir telah didapatkan bahwa Fhitung adalah 44,810, selanjutnya pada tingkat signifikan 5% nilai Ftabel= 4,01, maka Fhitung = 44,810> Ftabel= 4,01, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan pada taraf signifikan 1% nilai Ftabel= 7,09 maka Fhitung= 44,810> Ftabel 7,09 , sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK AR Rahman Watusalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Variasi gaya mengajar, minat belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 04:08
Last Modified: 14 May 2020 04:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item