Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang

Mustanfidah, Ayyum (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319017_Bab I dan Bab V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
2319017_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu unsur penting bagi guru guna mencari strategi yang inovatif dan variatif. Pembelajaran kooperatif mampu meningkatan kualitas pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan yakni model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Pembelajaran ini mengajak siswa untuk saling berkolaborasi, bekerja sama dalam tim kelompok dan tutor sebaya. Pembelajaran ini menuntut siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran baik secara fisik, mental maupun emosional guna mencapai hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sumber energi di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C, dengan sampel IVB sebagai kelas kontrol sejumlah 28 siswa dan sampel IVC sebagai kelas eksperimen sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata post-test nilai lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti Ho diterima dan H1 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada materi sumber energi efektif terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV SDIT Ar Roudloh Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), keaktifan belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Nov 2023 05:25
Last Modified: 20 Feb 2024 08:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item