Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan

Hidayati, Nirmala (2023) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120110_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120110_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan menjadi perhatian seluruh komponen bangsa. Di era globalisasi ini, mutu pendidikan menjadi masalah yang urgent. Mutu pendidikan sangat diperlukan dalam pengelolaan pendidikan agar bergerak menuju satu arah. Tiap sekolah telah diwajibkan untuk melaksanakan penjaminan mutu dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fied research), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Sragi Pekalongan. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang diterapkan di SMP Negeri 1 Sragi sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang mencakup Kompetensi Lulusan, Standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan serta standar sarana dan prasarana. Dengan adanya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan tersebut ditandai dengan perilaku pembelajaran pendidik dalam mengajar menunjukkan karakteristik, aktivitas siswa yang tidak hanya belajar di dalam ruanggan saja namun terdapat aktivitas yang diluar, iklim pembelajaran berupa suasana kelas yang kondusif, materi pembelajaran yang berkualitas terlihat dari kesesuaian nya dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi pembelajaran, serta pemilihan media pembelajaran yang tepat. Faktor Pendukung nya adalah Seluruh stakeholder menjalankan tugasnya dengan baik, Sarana dan Prasarana yang memadai, kegiatan keagamaan, keaktifan peserta didik, serta teman sebaya. Sedangkan Faktor Penghambat nya adalah Pembiayaan, Input peserta didik yang rendah, serta Latar belakang keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Penjaminan Mutu, Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:59
Last Modified: 27 Nov 2023 04:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item