Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui Metode Sosiodrama di RA Muslimat NU Gembong Kedungwuni Pekalongan

Hidayah, Wahyu (2019) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui Metode Sosiodrama di RA Muslimat NU Gembong Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yangmerupakan upaya pembinaan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Bagi anak-anak usia tiga,empat, dan lima tahun, tibalah masa pertumbuhan dahsyat di bidang bahasa. Perbendaharaan kata meluas dan struktur semantik dan sintaksis bahasa mereka menjadi semakin rumit. Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Sosiodrama di RA Muslimat NU Gembong Kedungwuni Pekalongan. Tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mengetahui Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode sosiodrama di RA Muslimat NU Gembong Kedungwuni Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan yaitu model penelitian kelas Suharsimi Arikunto antara lain: siklus yang berisi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pra Siklus adalah hasil observasi awal. Kondisi pra siklus kemampuan bahasa anak masih rendah. Pelaksanaan pada siklus I meskipun sudah mengalami peningkatan dari pra siklus tetapi belum menunjukkan adanya hasil yang diharapkan dari penggunaan metode Sosiodrama. Hal ini dapat dilihat dari presentase tingkat Kemampuan Bahasa yang mendapat kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya sebesar 40%, sedangkan sisanya masih belum memberikan hasil yang diharapkan peneliti. Pada pelaksanaan siklus II ini Kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan yaitu sebanyak 12 anak mendapat kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan presentase 80%. Peningkatan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU Gembong Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan sudah menggunakan Metode Sosiodrama dikatakan berhasil karena 12 dari 15 anak telah mencapai kategore penilaian berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini, Metode Sosiodrama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 14 May 2020 05:17
Last Modified: 14 May 2020 05:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item