AMELIA, BELLA (2015) Pendidikan kemandirian anak usia dini di Pondok Pesantren Mamba'ul Hoda VI Pajomlangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110267 BELLA AMELIA BAB I - V DAN LAMP.PDF Download (7MB) |
|
Text
2021110267 BELLA AMELIA FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Amelia, Bella. 2015. PENDIDIKAN KE MAN DIRIAN AN AK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN MAMBA'UL HODA VI PAJOMLANGAN KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Skripsi Jurusan/ Program Studi: Tarbiyah/ Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr. Esti Zaduqisti, M. Si. Kata kunci: Pendidikan Kemandirian Anak Usia Dini, Pondok Pesantren. Pondok pesantren Mamba'ul Huda VI Pajomlangan Kedungwuni Pekalongan merupak:an pondok pesantren yang menerima santri anak: usia dini. Bagaimana anak: dalam usia ini sudah dimasukkan dalam pondok pesantren, bisakah anak usia dini tersebut mengatur segala keperluannya sendiri, serta pendidikan kemandirian seperti apakah yang tepat diterapkan pada anak-anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemandirian anak usia dini di pondok pesantren Mamba'ul Huda VI Pajomlangan Kedungwuni Pekalongan?, Bagaimana pelaksanaan pendidikan kemandirian anak usia dini di pondok pesantren Mamba'ul Huda VI Pajcmlangan Kedungwuni Pekalongan?, serta Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan kemandirian anak usia dini di pondok pesantren Mamba'ul Huda VI Pajomlangan Kedungwuni Pekalongan?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilak:ukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptifyang menggunakan cara berfikir induktif. Basil penelitian ini menunjukan bahwa kemandirian anak usia dini yang berada di pondok tersebut sudah baik, meskipun terdapat beberapa anak yang cenderung belum bisa mandiri pada masa awal mereka masuk ke pondok tersebut. Namun seiring berjalannya wak:tu karena kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan akhirnya perkembangan kemandirian merekapun semakin nampak. Sementara itu dalam pelaksanaan pendidikan kemandiriannya pihak pondok menggunakan sejumlah metode, yaitu melalui ajakan yang tidak memaksakan, keteladanan, bimbingan, pembiasaan, serta menerapkan penghargaan dan hukuman untuk menunjang semangat mereka. Adapun faktor pendukung dalam pelak:sanaan pendidikan kemandirian anak usia dini disana meliputi: fak:tor internal yaitu kematangan usia, kemampuan, tingkat perkembangan anak, serta rasa keingintahuan anak yang besar. Faktor ektemalnya: lingkungan dan pembawaan analc. Falctor penghambat meliputi: faktor internal mencakup perasaan anak: bahwa dirinya tidak disukai dan kecenderungan anak yang tidak: membuka diri. Adapun faktor ekstemalnya yaitu pola asuh dan perbedaan karakter analc.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kemandirian Anak Usia Dini, Pondok Pesantren. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.341 Pondok Pesantren | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:13 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5085 |
Actions (login required)
View Item |