Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK N 1 Pekalongan

Puspaningrum, Cintya Andriani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK N 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619079_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619079_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uinguadur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMK N 1 Pekalongan tergolong masih rendah serta interaksi antara guru dengan siswa belum terjalin dengan baik sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) merupakan adalah model pembelajaran yang menekankan pada dialog mendalam dan berpikir kritis dalam mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT)? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran Deep Dialogue And Critikal Thinking (DD/CT)., 2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue And Critikal Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran deep dialogue and critical thinking (DD/CT). Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pekalongan dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan simple random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumntasi. instrument tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebanyak 4 soal untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas Kontrol. . Hal ini dibuktikan dari data hasil mean post-test kelas eksperimen yakni 80,16 dengan nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terkecil yaitu 60, dan mean post-test kelas kontrol yakni 60,00 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 40. Kemudian dilihat dari data hasil uji hipotesis dimana t_hitung>t_tabel dengan 9,001>1,669 jadi H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat juga dilihat pada nilai Sig.(2-tailed) dengan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Puspaningrum, Cintya Andriani. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Negeri 1 Pekalongan Skripsi. Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing, Abdul Majid, M.Kom. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMK N 1 Pekalongan tergolong masih rendah serta interaksi antara guru dengan siswa belum terjalin dengan baik sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Model Pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) merupakan adalah model pembelajaran yang menekankan pada dialog mendalam dan berpikir kritis dalam mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT)? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran Deep Dialogue And Critikal Thinking (DD/CT)., 2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran Deep Dialogue And Critikal Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dari penerapan model pembelajaran deep dialogue and critical thinking (DD/CT). Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pekalongan dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan simple random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumntasi. instrument tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebanyak 4 soal untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas Kontrol. . Hal ini dibuktikan dari data hasil mean post-test kelas eksperimen yakni 80,16 dengan nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terkecil yaitu 60, dan mean post-test kelas kontrol yakni 60,00 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 40. Kemudian dilihat dari data hasil uji hipotesis dimana t_hitung>t_tabel dengan 9,001>1,669 jadi H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat juga dilihat pada nilai Sig.(2-tailed) dengan nilai signifikansinya yaitu 0,000<0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Deep Dialogue And Critical Thinking (DD/CT), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:02
Last Modified: 01 Feb 2024 02:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5118

Actions (login required)

View Item View Item