Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Cerita Bergambar “Pajak Kita” Edisi Fabel Bagi Anak Usia Mi/Sd

Ziyad, Muhammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Cerita Bergambar “Pajak Kita” Edisi Fabel Bagi Anak Usia Mi/Sd. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318030_COVER_BAB I DAN BAB v.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318030_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muhammad Ziyad 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Cerita Bergambar “Pajak Kita” Edisi Fabel Bagi Anak Usia MI/SD, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pembimbing H. M. Yasin Abidin, M. Pd. Dalam rangka menghasilkan peserta didik yang unggul dan diharapkan, proses pendidikan senantiasa selalu dievaluasi dan diperbaiki. Salah satu upaya perbaikan kualitas pendidikan adalah dengan menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini agar penerus bangsa memiliki mental tangguh dan berperilaku sesuai dengan tujuan mulia pendidikan. Penanaman pendidikan karakter tidak harus melalui lembaga pendidikan formal, akan tetapi dalam buku-buku bacaanpun terdapat nilai pendidikan karakter, salah satunya dalam buku cerita bergambar Pajak Kita edisi fabel. Terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku ini yang relevan dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD. Selain itu dalam ceritanya buku ini sangat menarik untuk dibaca anak usia MI/SD karena didalamnya berisi gambar serta bahasa yang mudah dipahami. Sehingga buku cerita bergambar ini dapat dijadikan sebagai media dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk nilai pendidikan karakter (bijaksana, disiplin, dan mandiri) pada buku cerita bergambar Pajak Kita? (2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter (bijaksana. Disiplin, dan mandiri) pada buku cerita bergambar Pajak Kita dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter (bijaksana, disiplin, dan mandiri) yang terkandung pada buku cerita bergambar “Pajak Kita” edisi fabel dan mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter (bijaksana, disiplin, dan mandiri) pada buku cerita bergambar “Pajak Kita” dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka (literature review). Penelitian ini berfokus hanya mencari tiga nilai pendidikan karakter yaitu nilai bijaksana, nilai disiplin, dan nilai mandiri yang terdapat pada buku cerita bergambar Pajak Kita edisi fabel. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan studi literatur Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada buku cerita bergambar “Pajak Kita” edisi fabel terdapat 6 nilai pendidikan karakter bijaksana, 7 nilai pendidikan karakter disiplin, dan 4 nilai pendidikan karakter mandiri. Nilai ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan karakter anak sejak usia MI/SD. Kemudian nilai pendidikan karakter bijaksana, disiplin, dan mandiri begitu sangat relevan dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Nilai Bijaksana, Nilai Disiplin, Nilai Mandiri, Buku Pajak Kita edisi fabel
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:28
Last Modified: 27 Nov 2023 08:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item View Item