Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas vii di MTS Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan

Novia, Khusnul Malikhatun (2019) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas vii di MTS Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam dunia pendidikan Keterampilan Mengajar guru merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru karna dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari peran guru. Proses pembelajaran akan mencapai hasil yang diinginkan jika guru memiliki keterampilan mengajar yang baik sehingga siswa memiliki minat dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan memiliki keterampilan mengajar, guru dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik yang berimplikasi pada hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana keterampilan mengajar guru fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto, bagaimana minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto, apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengajar guru fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto, ntuk mengetahui minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto. dan ntuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto. Adapun kegunaan penelitian ini yaitu penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan mengenai pentingnya keterampilan mengajar guru dalam pendidikan sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun variabel dalam penelitian ini, terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (keterampilan mengajar) dan variabel Y (minat belajar). Adapun populasinya adalah siswa MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan kelas VII yang berjumlah 298 dengan sampel 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi regresi linier sedehana. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa keterampilan mengajar termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang keterampilan mengajar siswa kelas VII di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan sebesar 60,22 berada di interval distribusi frekuensi 54 - 61. Minat belajar termasuk kategori baik. Hal ini

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, H. AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar, Minat Belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 May 2020 03:15
Last Modified: 18 May 2020 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item