Fauziah, Mifta (2019) Pembinaan nilai nilai religius bagi santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor penting sebagai penyumbang kemajuan negara dalam segala bidang kehidupan, salah satu lembaga yang mampu mencetak kemajuan negara adalah pondok pesantren. Pondok Pesantren merupakan lembaga yang penting bagi anak, karena disana akan diajarkan perilaku yang menampilkan nilai-nilai religius. Oleh karena itu, seberapa banyak dan seberapa jauh nilai nilai religius bisa mempengaruhi dan bisa mebentuk karakter seseorang sangat tergantung dari seberapa nilai-nilai agama yang tertanam pada dirinya. Semakin dalam nilai-nilai religius yang tertanam dalam diri seseorang, maka kepribadian sikap religiusnya akan muncul dan terbentuk, karena terbiasa dengan kehidupan dipondok pesantren.Nilai religius merupakan dasar dari pembentukan nilai budaya religius, karena tanpa adanya pembinaan nilai-nilai religius, maka budaya religius tidak akan terbentuk. Kiai memiliki pengaruh yang besar untuk pembinaan nilai-nilai religius bagi santri khususnya dipondok pesantren. maka perlu adanya pembinaan nilai-nilai religius bagi anak di pondok pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1)bagaimana pembinaan nilai-nilai religius bagi santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan? 2)apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan nilai-nilai religius bagi santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mendeskripsikan pembinaan nilai-nilai religius bagi santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan,2)untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan nilai-nilai religius bagi santri di pondok pesantren Mamba’ul Huda Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis sebagai tambahan wawasan bagi para guru/ ustadz dalam menerapkan nilai-nilai religius dan secara praktis untuk menjadi sumbangan pemikiran atau saran dalam pembinaan nilai-nilai religius pada santri Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisa yang tidak menggunakan analisa statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan nilai-nilai religius bagi santri dengan cara memberikan nasehat-nasehat yang baik, memberikan teladan yang baik, pembiasaan sholat fardhu berjama’ah, membuat tata tertib dan larangan pada santri, menerapkan hukuman bagi santri yang melanggar peraturan, mengajarkan tentang akhlak dari kitab Taitsirul Kholaq dan Akhlakul banin, serta
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Religius, Pondok Pesantren | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 May 2020 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
View Item |