Serliana, Nur Afni (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RAM NU Karangsari Karanganyar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2418027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (5MB) |
|
Text
2418027_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan yang menjadi dasar untuk tahap kemampuan membaca lanjut, karena itu kemampuan ini memerlukan perhatian dari pendidik. Salah satu cara untuk menstimulasi pengetahuan tentang kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini dapat menggunakan media yaitu media pop up book yang berguna untuk mengenalkan simbol-simbol huruf kepada anak melalui gambar-gambar yang ditampilkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana tingkat kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun sebelum dan sesudah penggunaan media pop up book di RAM NU Karangsari Karanganyar?. (2) Seberapa besar efektivitas penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar?. Kemudian tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun sebelum dan sesudah penerapan media pop up book di RAM NU Karangsari Karanganyar. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian one grup pre-test post-test design dengan subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan teknik uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemapuan membaca permulaan dengan skor total pre-test 395 dan rata-rata 13,16 yang masuk dalam kategori cukup. Pada kemampuan membaca permulaan post-test dengan skor total 606 dan rata-rata 20,2 yang masuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji paired sampel t-test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan uji N-gain sebesar 0.4887 (48,87%) yang masuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media pop up book pada anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pop Up Book, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 02:51 | ||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2024 07:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |