Strategi Guru Pai Dalam Membina Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Di Smp Muhammadiyah Pekalongan

Oktavianti, Rizqi Dwi (2023) Strategi Guru Pai Dalam Membina Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Di Smp Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119060_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (21MB)
[img] Text
2119060_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dwi Oktavianti, Rizqi. 2023. Strategi guru PAI dalam membina kemampuan baca tulis Al Qur’an di SMP Muhammadiyah Pekalongan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Rofiqotul Aini, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Strategi yang harus dimiliki guru PAI dalam membentuk siswa agar memiliki kemampuan dalam membaca Al Qur’an dengan fasih, menyalin ayat Al Qur’an dengan baik,mengartikan dengan benar, dan mampu menjelaskan isi kandungannya. Pembelajaran membaca dan menulis Al Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Pekalongan sangat rendah dan perlu diatasi agar generasi umat Islam tidak mengalami kemerosotan dari berbagai bidang, karena Al Qur’an sebagai sumber dari segala aspek kehidupan. Berdasarkan pembahasan latar belakang di atas, peneliti merumuskan judul masalah pada penelitian ini adalah : 1). Bagaimana strategi guru PAI dalam Membina Kemampuan baca tulis Al Qur’an di SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan ; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an pada ssiwa SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan ( Field Reseacrh ) dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini anatar lain reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Sumber data primer pada penelitian ini berdasarkan data hasil wawancara pimpinan SMP Muhammadiyah Pekalongan dan guru PAI di SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan. sedangkan lokasi penelitian ini di SMP Muhamamdiyah Pekalongan. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi guru PAI dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an di SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan yaitu membiasakan siswa murojaah Al Qur’an bersama sama, membaca jilid, membaca Al Quran secara individu. Faktor pendukung dalam membina kemampuan baca tulis Al Qur’an di SMP Muhammadiyah Pekalongan di dukung oleh kemampuan guru-gurunya, sedangkan faktor penghambat dalam membina kemampuan baca tulis Al Qur’an di SMP Muhammadiyah Pekalongan yaitu dikarenakan kurangnya motivasi dari orang tua dan kemalasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorOktavianti, Rizqi DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi guru, Pendidikan Agama Islam, baca tulis Al Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:05
Last Modified: 28 Nov 2023 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item