Pengaruh Frekuensi Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Pekalongan

Janah, Maghfirotul (2023) Pengaruh Frekuensi Belajar dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619005_COVER_BAB I DAN BAB V.PDF

Download (2MB)
[img] Text
2619005_FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan bagi suatu negara dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dapat berkembang. Terdapat beberapa indikator untuk melihat sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam dunia pendidikan, salah satu indikator kualitas sumber daya manusia dapat dilihat melalui hasil belajarnya. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan atau frekuensi belajar siswa yang cukup rendah dan kurangnya peran orang tua siswa terhadap pendidikan anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya apakah terdapat pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, apakah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, apakah terdapat pengaruh frekuensi belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini diantaranya untuk menjelaskan pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, untuk menjelaskan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan, untuk menjelaskan frekuensi belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Pekalongan. Adapun manfaat penelitian ini memberikan pengetahuan dan pemahaman pada siswa bahwa betapa pentingnya frekuensi belajar (kebiasaan belajar) dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar serta pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Pekalongan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Metode analisis data yang digunakan berupa Teknik regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS 26 for Windows Version.Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. xii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel frekuensi belajar terhadap variabel hasil belajar matematika siswa kelas XI di MAN Pekalongan sebesar 49,4 %, terdapat pengaruh antara.variabel peran orang tua terhadap variabel hasil belajar matematika siswa kelas XI di MAN Pekalongan sebesar 43,9 %, terdapat pengaruh antara variabel frekuensi belajar dan variabel peran orang tua terhadap variabel hasil belajar matematika siswa kelas XI di MAN Pekalongan sebesar 56,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Belajar, Peran Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:37
Last Modified: 01 Feb 2024 02:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item