Efektivitas Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Smpn 1 Bojong

Maula, Afiyatul (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Smpn 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2619013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2619013_Full text.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Maula, Afiyatul. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Articulate Storyline 3 terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMPN 1 Bojong, Skripsi Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dirasti Novianti, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mobile Learning, Articulate Storyline 3, Hasil Belajar Siswa. Proses pembelajaran matematika di SMPN 1 Bojong kurang efektif disebabkan karena guru kurang memanfaatkan media pembelajaran. Maka diperlukan suatu media pembelajaran yang baru dan mudah dalam pengerjaannya, salah satu software yang dapat menjawab permasalahan tersebut adalah Articulate Storyline 3. Software Articulate Storyline 3 memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan materi pembelajaran berbasis mobile learning. Selain itu, dengan menggunakan software ini, kita dapat membuat sebuah storyline project yang menggabungkan segala jenis media termasuk visual, audio dan audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah penggunaan model pembelajaran mobile learning berbasis Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di SMPN 1 Bojong? 2) Bagaimana efektivitas pembelajaran mobile learning berbasis Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di SMPN 1 Bojong?. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bojong dengan metode one-group pretest-posttest design dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes berjumlah 5 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan model pembelajaran mobile learning berbasis Articulate Storyline 3 berdasarkan hasil uji-t berpasangan (paired sampel t-test) memperoleh nilai signifikansi 0,001. Sehingga 0,001 < 0,005 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka terdapat peningkatan model pembelajaran mobile learning berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di SMPN 1 Bojong. 2) pengujian N-gain score menunjukkan rata-rata 0,5898, yag berada dalam kategori sedang (0,3 ≤ N- gain ≤ 0,7), dan N-gain persen menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58,9844, yang termasuk dalam kategori 55 – 75 (cukup efektif), maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mobile learning berbasis Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi SPLDV di SMPN 1 Bojong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Mobile Learning, Articulate Storyline 3, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:38
Last Modified: 28 Nov 2023 06:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item