Pengaruh Project Menghafal Al-Qur'an Juz 30 Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 7 di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan

Rahman, Urfan Hadi (2023) Pengaruh Project Menghafal Al-Qur'an Juz 30 Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 7 di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119275_Cover_Bab l dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2119275_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Project hafalan Al-Qur’an, yang dimulai sejak penerapan kurikulum merdeka disekolah tersebut. Inisiasi Project ini salah satunya banyak siswa yang menunjukan kurang minat dan tertarik dalam membaca Al-Qur’an, terutama dalam bidang penghafalan, menghafal ini masih menjadi sebuah hal yang menakutkan bagi setiap siswa, dengan kurangnya motivasi menghafal dari siswa, peluang akan peningkatan keberhasilan yang didapat dalam proses pembelajaran akan mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pelaksanaan Project menghafal Al-Qur’an di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan, menganalisis kecerdasan spiritual siswa yang mengafal Al-Qur’an di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan, dan Menguji Seberapa besar pengaruh pelaksanaan Project menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu menggambarkan variabel-variabel yang ada dengan cara objektif, dengan dukungan data-data berupa angka yang dihasilkan dari situasi nyata. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan ini dipilih karena peneliti akan menghimpun data dalam bentuk angka yang berkaitan dengan Project hafalan Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas 7 di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan. Hasil Penelitian menunjukan perolehan skor variabel X adalah 38,20 berada pada interval 38 – 42 jumlah frekuensi 11 siswa dengan kategori baik. untuk perolehan nilai variabel Y adalah 43,17 dan berada pada interval 39 - 44 dengan kategori baik. hasil menunjukan bahwa Project hafalan Al-Qur’an Juz 30 memiliki pengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas 7 di SMP Salafiyah Kauman Kota Pekalongan. Hasil dari pengujian regresi linear sederhana yang menunjukan nilai signifikansi 0,000. Hal tersebut menunjukan 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh. Sebesar 54.7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Menghafal Al-Qur’an Juz 30, Kecerdasan Spiritual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:12
Last Modified: 28 Feb 2024 02:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item View Item