Strategi Tutor dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Mandiri Kepada Peserta Didik Binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar Risalah Kota Pekalongan

Umam, Chotibul (2023) Strategi Tutor dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Mandiri Kepada Peserta Didik Binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar Risalah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319226_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2319226_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Karakter merupakan watak, sifat yang tertanam pada diri seseorang yang berasal dari dalam maupun luar. Manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam membentuk suatu karakter yang baik, salah satunya yakni karakter mandiri pada diri seseorang perlu adanya strategi yang diterapkan. Pada ranah pendidikan strategi pendidik sangat penting untuk menentukan kualitas peserta didik dalam proses pembelajaran, pengembangan potensi, pembentukan karakter, dan lainnya. Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan suatu lembaga pendidikan dengan para pendidiknya memiliki karakter yang baik. Hal itu mampu membantu peserta didik supaya berkarakter baik pula, terlebih lagi pendidik memiliki dampak besar terhadap kemandirian peserta didik. Rumusan masalah dan tujuan yang diambil adalah peran tutor dalam kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan, Proses pendidikan karakter mandiri kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan, dan strategi tutor dalam menanamkan pendidikan karakter mandiri kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tutor berperan menerapkan karakter mandiri sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam proses secara langsung. Seperti halnya tindakan yang memberikan pengaruh yang besar terhadap sifat kemadirian peserta didik. Proses pembelajaran tutor juga menggunakan berbagai variasi metode pembelajaran. Namun pada pelaksanaan pembelajaran metode yang digunakan pembelajaran diselingi dengan permainan. Hal itu menyebabkna proses pembelajaran sangat disenangi dan cenderung tidak membosankan.Strategi tutor dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik diantaranya seperti memberikan peneladanan serta motivasi kepada peserta didik agar senatiasa berperilaku mandiri, pengintegrasian melalui pembelajaran yang tepat, dan membiaskan kepada peserta didik untuk berperilaku mandiri. Adanya strategi yang digunakan oleh tutor tersebut mampu membuat peserta didik memiliki karakter mandiri yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHufron, MUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Karakter Mandiri, dan Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 09:40
Last Modified: 28 Nov 2023 09:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item