Implementasi media aplikasi kamus berbasis Android dalam meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan

Ayufara, Amalia Zulfa (2019) Implementasi media aplikasi kamus berbasis Android dalam meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Secara khusus, kata tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari satu sumber kepada penerima.Di dalam mengajarkan bahasa asing seperti bahasa Arab, seorang guru harus mempunyai cara serta menggunakan media yang tepat dalam mengajar sehingga siswa dapat tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan senang tanpa merasa bosan, maka dari itu seorang guru perlu memilih media pengajaran yang tepat agar dapat membantu siswanya dalam menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia sehingga siswa merasa terbantu dengan adanya media tersebut yang digunakan oleh gurunya. Media pengajaran bahas aadalah suatu alat yang merupakan saluran untuk mengkomunikasikan pesan (informasi) masalah kebahasaan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor dari resource (guru) kepada receiver (siswa). Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana implementasi media aplikasi kamus berbasis android dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi media aplikasi kamus berbasis android dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan implementasi media aplikasi kamus berbasis android dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi media aplikasi kamus berbasis android dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab di MA Hidayatul Athfal Banyurip Alit Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode ini yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan pelaku yang diamati. Hasil penelitian ini adalah peningkatan kosakata bahasa Arab menggunakan media aplikasi kamus berbasis android dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IIS 1 MA Hidayatul Athfal Pekalongan sudah berjalan dengan baik yaitu dalam pembelajaran guru menggunakan media aplikasi kamus berbasis android) , permainan, tebak gambar, menjodohkan dan menulis dengan simbol memberikan daya rangsang terhadap anak untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil yang dicapai yaitu dengan media aplikasi kamus berbasis android memberikan pemahaman kosakata bahasa Arab kepada siswa melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar berdasarkan proses tanya jawab dalam permainan. Dan media aplikasi kamus berbasis android dapat meningkatkan kualitas dan minat siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa. Media aplikasi kamus berbasis android ini berdasarkan penggunaan bahasa termasuk kamus dwibahasa karena terdapat dua bahasa yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia, sedangkan berdasarkan isinya kamus ini tergolong kedalam kamus kecil karena terdapat didalam aplikasi Hp yang praktis untuk di bawa kemana-mana. Adapun faktor pendukung dari aplikasi ini adalah tersedianya kamus bahasa Arab, fasilitas yang memadai, Semangat dan antusias guru, Minat siswa, Alokasi Waktu Pembelajaran. Dan adapun faktor penghambatnya adalah ada beberapa siswa yang kurang menyukai pelajaran bahasa Arab, kurangnya faktor pendukung bagi perolehan bahasa Arab bagi siswa, kesulitan dalam menulis bahasa Arab, terjadi ketidak seimbangan antara banyaknya materi dengan jumlah jam pelajaran, pembiasaan berbahasa Arab di sekolah cenderung lebih sulit dari pada berbahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media, Aplikasi Kamus Berbasis Android
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 18 May 2020 03:39
Last Modified: 18 May 2020 03:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item