Perilaku Pedagang Di Pasar Tiban Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Acara Khotmil Khawajikan Jamaah Ahlit Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran)

Hartini, Umi Puji (2023) Perilaku Pedagang Di Pasar Tiban Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Acara Khotmil Khawajikan Jamaah Ahlit Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4119062_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
4119062_FULL TEXT.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

UMI PUJI HARTINI, PERILAKU PEDAGANG DI PASAR TIBAN DALAMPERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI ACARA KHOTMIL KHAWAJIKAN JAMAAH AHLIT THORIQOH QODIRIYAH WA NAQSABANDIYAH DESA SAWANGAN KECAMATAN PANINGGARAN) Islam sangat menganjurkan kegiatan dagang karena berdagang dapat membuka pintu rezeki sehingga karunia Allah dapat dilihat. Transaksi jual beli di pasar Tiban merupakan salah satu contoh sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dapat menjadikan peluang juga ancaman. jumlah pedagang di pasar tiban di tahun 2023 lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya sehingga menimbulkan persaingan bisnis semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi para pedagang sebagai pelaku bisnis menggunakan segala cara untuk mendapat keuntungan bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnis. Dalam prinsip islam bisnis harus dilakukan dengan etika yang baik jujur tidak boleh ada tindak kecurangan, riba, rekayasa harga maupun penimbunan barang. Karena etika berperan besar dalam bisnis dimana dengan menerapkan etika dalam bisnis dapat tercipta manajemen yang baik. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui perilaku pedagang di Pasar Tiban desa Sawangan Paninggaran. Kedua untuk mengetahui perilaku pedagang menurut perspektif Etika Bisnis Islam di Pasar Tiban desa Sawagan Paninggaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan para pedagang di pasar tiban desa Sawangan, pembeli di pasar tiban, dan panitia acara khotmil khawajikan desa sawangan. Sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak pengelola pasar tiban desa sawangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: pertama, Perilaku pedagang pasar tiban di Acara Khotmul Khawajikan Jamaah Ahli Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran melaksanakan indikator perilaku pedagang yang ada, yaitu: Religiusitas, Kualitas Produk, Keramahan, Penepatan janji, Pelayanan, Empati pada pelanggan, dan persaingan sesama pedagang. Kedua, perilaku pedagang di pasar tiban desa Sawangan telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, tidak melupakan ibadah shalat wajib, berdo’a dan bersedekah, adil atau seimbang dalam menimbang atau menakar dan tidak menyembunyikan cacat, memberikan kebebasan kepada penjual baru dan tidak memaksa pembeli, menepati janji dan bertanggungjawab atas kualitas barang, bersikap ramah tamah dalam melayani dan bermurah hati dengan memberi waktu tenggang pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZawawi, ZawawiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perilaku, Pedagang, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:06
Last Modified: 28 Nov 2023 08:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item