Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas V Di Mi Salafiyah Karangjompo Pekalongan

Azizi, Feny (2023) Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas V Di Mi Salafiyah Karangjompo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318077_COVER_BAB I & BAB V .pdf

Download (2MB)
[img] Text
2318077_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Azizi, Feny. 2318077. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas V di MI Salafiyah Karangjompo Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Juwita Rini, M.Pd Menulis adalah sebuah proses pengungkapan rangkaian ide yang tersusun menjadi bentuk tertulis. Dalam pembelajaran bahasa Jawa, salah satu kompetensi yang harus dicapai adalah keterampilan menulis aksara Jawa. Materi aksara Jawa merupakan materi yang sulit untuk diajarkan dalam pembelajaran bahasa Jawa, karena aksara Jawa sudah tidak digunakan lagi sebagai media baca tulis sehari-hari sehingga materi ini dianggap materi yang sulit diajarkan. Sementara banyak orang tua di rumah tidak mengerti akan aksara Jawa sehingga materi aksara Jawa hanya bisa dipelajari atau hanya didapatkan oleh anak di sekolah, itu pun dengan waktu yang terbatas singkat. Tentunya untuk mengatasi kesulitan anak dalam menulis aksara jawa maka dibutuhkan sebuah penyelesaian. Salah satunya dengan penggunaan media flash card berbasis budaya lokal dalam pembelajaran materi aksara Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas V di MI Salafiyah Karangjompo Pekalongan sebelum dan sesudah penggunaan media flash card berbasis budaya lokal, 2) Bagaimana pengaruh penggunaan media flash card berbasis budaya lokal terhadap kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas V di MI Salafiyah Karangjompo Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi data sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di MI Salafiyah Karangjompo dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh dan signifikan penggunaan media flash card berbasis budaya lokal terhadap kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas V di MI Salafiyah Karangjompo Pekalongan. Hal ini dibuktikan melalui presentase ketuntasan sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 42,2% dan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media flash card berbasis budaya lokal naik menjadi 80,9%, artinya terdapat peningkatan sebesar 38,7%. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan kategori -thitung < -ttabel atau -6,263 < -2.637. Oleh karena itu H0 ditolak dan H₁ diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Flash card Berbasis Budaya Lokal, Kemampuan Menulis Aksara Jawa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:19
Last Modified: 28 Nov 2023 08:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item