Kegiatan pemanfaatan barang bekas sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya di MI Salafiyah Gapuro

Maulidah, Ikhda (2023) Kegiatan pemanfaatan barang bekas sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya di MI Salafiyah Gapuro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319097_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2319097_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan setiap hari siswa mengkonsumsi makanan atau minuman yang dikemas plasti atau koran. Hal ini yang menjadikan siswa membuang limbah tidak disesuaikan jenisnya. MI Salafiyah Gapuro mengenalkan kepada siswa untuk membuang sampah dibedakan jenisnya yaitu organik dan anorganik. Selain itu, di sekolah tersebut sudah menerapkan pembelajaran seni budaya dan prakarya dalam kegiatan pemanfaatan barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan pemanfaatan barang bekas sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya di MI Salafiyah Gapuro dan untuk menganalisis kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas di MI Salafiyah Gapuro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III MI Salafiyah Gapuro, siswa kelas III MI Salafiyah Gapuro dan dokumen-dokumen yang berupa kreativitas siswa serta mengembangkan kreativitas siswa serta literatur yang berhubungan seperti buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan, dalam mengimplementasikan kegiatan pemanfaatan barang bekas dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya dapat dilakukan melalui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kreativitas siswa dapat terlihat dari kelancaran, kelenturan, keaslian, elaborasi, dan keuletan. Hal ini yang membuat guru mengetahui kreativitas yang dimiliki oleh siswanya. Selain itu, sikap siswa dalam membuat karya dan hasil yang telah dibuat oleh siswa juga mempengaruhi kreativitas siswa. Sikap yang terlihat dalam membuat karya yaitu dapat menjadikan siswa lebih aktif pada pembelajaran seni budaya dan prakarya. Selain itu, hasil karya yang dibuat oleh siswa dapat terlihat melalui sikap siswa. Sehingga dapat menghasilkan karya yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan setiap siswa. Mengembangkan kreativitas siswa dapat terlihat dalam membuat karya yang dibuat oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kreasi siswa, mengembangkan kreativitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:33
Last Modified: 20 Feb 2024 03:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item