Implementasi pendidikan karakter di Boarding School MA Subhanah Subah Batang

Hidayat, Khoirul (2018) Implementasi pendidikan karakter di Boarding School MA Subhanah Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian. Pendidikan sebagai upaya pembentukan karakter adalah bagian integral dari orientasi pendidikan Islam. Tujuannya adalah membentuk kepribadian seseorang agar berperilaku jujur, baik dan bertanggungjawab, menghormati dan menghargai orang lain, adil, tidak diskriminatif, egaliter, pekerja keras dan karakter-karakter unggul lainnya.Pendidikan karakter ini diharapkan dapat membentuk perilaku yang baik, jujur, berakhlak mulia dan menjadi manusia yang insan kamil. Realitanya pendidikan saat ini terus di hadapkan pada perkembangan sosial yang terus berubah, bergerak dan berkembang secara signifikan, seperti meluasnya peredaran obat terlarang, narkotika, pergaulan bebas, tawuran remaja, pengaruh media sosial yang negatif, sehingga menjadi tantangan dan kekhawatiran bagi orang tua dalam mendidik dan membentuk kepribadian anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang dan apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang. Jenis Penelitian ini yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai mengumpulkan data dalam periode tertentu, dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dapat disimpulkan adalah: bahwa Implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang sudah berjalan dengan baik itu dibuktikan dengan adanya kurikulum, jadwal pelaksanaan kegiatan harian yang dapat memantau kegiatan peserta didik, metode pembelajaran, bentuk nilai-nilai pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang ada 9 nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, sopan santun, kasih sayang, tolong menolong, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, peduli lingkungan, yang sudah tetanam pada diri peserta didik dan mampu mengaplikasikannya dengan baik, mengenai evaluasi pengasuh boarding school mengadakan tes tertulis atau tes lisan. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang adalah adanya guru yang kompeten ahli dibidangnya serta dapat digugu dan ditiru dan menciptakan lingkungan yang kondusif, selain itu dengan adanya peraturan yang telah dibuat oleh sekolah dari mulai kegiatan yang mewajibkan semua peserta didik untuk melaksanakannya, materi-materi yang diajarkan sudah sesuai apa yang diharapkan, sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di boarding school MA Subhanah Subah Batang adalah sarana dan prasarana yang belum lengkap, dan juga belum memadai

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKaryanto, Umum BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Boarding School
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 18 May 2020 03:48
Last Modified: 18 May 2020 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item View Item