Sari, Anoud Aulia (2023) Persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da'i di era digital pada media sosial youtube (studi kasus Gus Baha). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
1. 3418095_Cover_Bab I dan V anoud.pdf Download (1MB) |
|
Text
1.3418095_Cover_Bab I dan V anoud Aulia FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada era digital, perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin canggih salah satunya Youtube. Dengan perkembangan media sosial Youtube banyak bermunculannya beberapa da’i virtual dan influencer dakwah, legitimasi da’i di era digital seperti di media sosial saat ini memunculkan banyak manfaat ataupun perbedaan pendapat. Konten dakwah yang memposting dakwah Gus Baha. Gus Baha mendapatkan perhatian dari warganet, tentunya dakwah tokoh tersebut memiliki karakteristik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da’i di era digital melalui media sosial Youtube? dan bagaimana efek yang ditimbulkan terkait persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da’i di era digital dimelalui media sosial Youtube? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da’i di era digital, khususnya pada media sosial Youtube. Untuk mengetahui efek yang ditimbulkan terkait persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da’i di era digital pada media sosial Youtube . Jenis penelitian yang digunakan penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode wawancara secara virtual melalui google form. Kemudian data yang dikumpulkan berupa transkrip wawancara yang berisi mengenai kredibilitas dakwah Gus Baha, setelah itu peneliti membuat kesimpulan dari data yang telah dianalisis dalam bentuk deskriptif kualitatif yang mengacu pada persyaratan kredibilitas da’i yang telah diperinci oleh Al-Bayanuni. Hasil Penelitian dari analisis data pada konten dakwah Gus Baha , dengan menggunakan persyaratan kredibilitas da’i yang telah diperinci oleh Al-Bayanuni maka dapat disimpulkan bahwa kredibilitas dibangun melalui penempatan diri sesuai porsi di masyarakat serta memadukan dakwah dengan kehidupan sehari-hari sehingga terdapat reveansi antara dakwah dengan kehidupan sehari-hari. Persepsi masyarakat terhadap kredibilitas da’i diera digital pada media sosial Youtube menghasilkan kesan positif berupa kompetensi yang berkualitas, visi dakwah yang jelas, keilmuan yang mumpuni dan sasaran dakwah yang tepat serta menyesuaikan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, dakwah, kredibilitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2023 09:29 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5314 |
Actions (login required)
View Item |