Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan budaya religius di sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Agustina, Lina (2018) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan budaya religius di sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

lingkungan keluargalah anak pertama kali memperoleh pendidikan dan bimbingan. Keluarga sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak untuk itu, orang tua haruslah menjadi teladan yang baik bagi anak – anaknya.SMP Negeri 2 Kedungwuni yang memiliki siswa dari latar belakang sosial dan juga karakter siswa yang berbeda – beda hal ini akan mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosional anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Pendidikan Agama Islam dalam Kelurga di SMPN 2 Kedungwuni ? Bagaimana budaya religius di SMPN 2 Kedungwuni ? Seberapa besar pengaruh pendidikan Agama Islam dalam keluarga terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMPN 2 Kedungwuni ?Seberapa besar pengaruh antara budaya religius di sekolah terhadap Kecerdasan Emosional Siswa kelas VIII di SMPN 2 Kedungwuni ? Seberapa besar Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Budaya Religius di sekolah tehadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMPN 2 Kedungwuni ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam mempunyai deskriptif presentase 71,2 termasuk dalam kategori sangat baik, budaya religius dengan deskriptif presentase 72 termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan kecerdasan emosional mempunyai deskriptif presentase 47,39 termasuk dalm kategori cukup baik.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dan budaya religius di sekolah tehadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, Budaya Religius, Kecerdasan Emosional.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 19 May 2020 02:13
Last Modified: 19 May 2020 02:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item