Implementasi Teori Belajar Behaviorisme (Stimulus dan Respon) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jakarta

Cahyani, Natania (2023) Implementasi Teori Belajar Behaviorisme (Stimulus dan Respon) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jakarta. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2218092_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2218092_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTsN 1 Jakarta belum memunculkan respon dan perubahan tingkah laku yang maksimal karena terdapat problematika yang dihadapi siswa, yakni siswa belum mampu dalam membaca bacaan teks, belum mengerti arti dalam bacaan bahasa Arab dan dalam pengucapan kosakatanya belum terlalu fasih. Masih banyak siswa yang menggangap bahwa pelajaran bahasa Arab ialah pelajaran yang susah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi teori belajar behaviorisme (Stimulus dan Respon) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Jakarta? (2) Bagaimana Evaluasi teori belajar behaviorisme (Stimulus dan Respon) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTsN 1 Jakarta? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun sumber data primer yaitu guru bahasa Arab adapun sumber data sekunder yaitu Kepala sekolah, buku ataupun dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan Teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teori belajar behaviorisme (Stimulus dan Respon)pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jakarta ini terencana yang meliputi 2 tahapan pembelajaran yang diawali dengan tahapan perencanaan yakni guru mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) dan materi yang akan dipelajari, serta mempersiapkan media yang digunakan sesuai dengan materi yang disampaikan di kelas, tahap pelaksanaan yakni terdiri dari materi yang disampaikan, stimulus yang diberikan guru sesuai dengan maharah dalam Pembelajaran bahasa Arab di kelas dan penguatan (reinforcement) yang diberikan guru berupa pemberian nilai, pemberian Hukuman (punishment) dan pemberian penghargaan (rewarding) ketika pembelajaran berlangsung serta respon dari siswa kelas VII dalam berlangsungnya proses pembelajaran bahasa Arab. Tahapan Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab ini ialah langkah terakhir yang dilakukan guru yang bertujuan untuk mengetahui hasil akhir dari pembelajaran yang sudah disampaikan di dalam kelas. Evaluasi yang dilakukan ialah berbentuk tes lisan dan tes tulisan yakni, dengan bentuk model soal pilihan ganda yang jawabannya dapat diperoleh dengan memilih alternatif jawaban yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Behaviorisme, Stimulus dan Respon
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:37
Last Modified: 20 Dec 2023 08:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item