Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membangun Animo Masyarakat Dan Daya Saing Di Madrasah Ibtidaiyah Rifaiyah Limpung Batang

Mufidah, Mufidah (2023) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membangun Animo Masyarakat Dan Daya Saing Di Madrasah Ibtidaiyah Rifaiyah Limpung Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221001 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5221001 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya daya saing bagi Lembaga pendidikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). MI Rifaiyah Limpung Batang kurang diminati oleh masyarakat sekitar. Sehingga, perlu adanya program sekolah yang dapat meningkatkan daya saing. MI Rifaiyah Limpung membuat program sekolah salah satunya adalah program tahfidz Qur’an, sebagai upaya untuk meningkatkan animo dan daya saing di MI Rifaiyah Limpung. Setelah adanya program tahfidz Qur’an, jumlah pendaftar di MI Rifaiyah Limpung meningkat dibandingkan sebelum adanya program tersebut. Oleh karenanya dalam penelitian ini akan meneliti tentang implementasi program tahfidz Qur’an dalam membangun animo dan daya saing di MI Rifaiyah Limpung. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana perencanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung?,” “Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung?,” dan “Bagaimana dampak program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung?.” Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung, kemudian menganalisis pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung, serta mengetahui dampak program tahfidz Al-Qur’an dalam membangun animo dan daya saing MI Rifaiyah Limpung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data memakai teknik in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data, memilahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan pada orang lain. Dari hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa perencanaan pelaksanaan dilakukan oleh koordinator penanggung jawab program tahfidz Qur’an. Dalam pelaksanaan program tahfidz Qur’an, metode yang digunakan dalam program tahfidz Al-Qur’an yang diadakan di MI Rifaiyah Limpung menggunakan metode talaqqi. Proses evaluasi dilakukan secara individu dengan cara menghadap kepada guru untuk diuji setelah proses menghafal selesai. Dampak program tahfidz, meningkatnya animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di MI Rifaiyah Limpung, mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain yang sederajat. Adanya perubahan citra madrasah dilingkungan masyarakat, yakni MI mulai diminati oleh sebagian besar masyarakat. Peningkatan fasilitas pendidikan yang terus dilakukan oleh MI Rifaiyah Limpung sebagai dampak dari meningkatnya jumlah peserta didik di MI Rifaiyah Limpung agar dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, Sopiah197107072000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz Qur’an, Animo dan Daya Saing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:45
Last Modified: 29 Nov 2023 06:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item