Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas Berpikir dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs NU 01 Gringsing

Azizah, Siti Nur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas Berpikir dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs NU 01 Gringsing. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221065 - Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (976kB)
[img] Text
5221065 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas berpikir dan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU 01 Gringsing. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen menggunakan desain pre-test dan post-test kontrol kelompok tunggal. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model PBL dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kreativitas berpikir dan angket motivasi belajar sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t-test untuk mengukur perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan kreativitas berpikir Siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep Akidah Akhlak. Selain itu, model PBL juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar Siswa, meningkatkan minat mereka dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Model Problem Based Learning dibandingkan menggunakan model konvensioanl di MTs NU 01 Gringsing. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan analisis data dengan uji sign hasil belajar kelas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu Chi Kuadrat hitung kelas eksperimen sebesar 32,0294 dan Chi Kuadrat hitung kelas kontrol sebesar 26,2813, yang masing-masing Chi Kuadrat hitungnya lebih dari Chi Kuadrat tabel (X2tabel=3,841) berarti menolak Ho dan menerima Ha, serta lebih tingginya rata-rata post-test kelas eksperimen dibandingan dengan kelas kontrol yaitu (73,68 > 53,86). Temuan penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di lingkungan pendidikan Islam, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi alternatif yang berpotensi untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan motivasi belajar Siswa. Oleh karena itu, disarankan agar model ini lebih diperluas dan diadopsi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di tingkat menengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur19820110202001D1030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL, Kreativitas Berpikir, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2024 09:42
Last Modified: 02 Feb 2024 09:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item