Implementasi sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran PAI di MTs Nurul Huda Banyuputih kabupaten Batang

Fatoni, Amad (2023) Implementasi sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran PAI di MTs Nurul Huda Banyuputih kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221062 - Cover_Bab I_Bab VII.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5221062 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

CBT dalam penggunaanya menjadi alat untuk evaluasi pembelajaran menjadi sebuah alternatif dalam dunia pendidikan sebab dalam prakteknya evaluasi pembelajaran masih kurang efektif dalam hal waktu, tenaga serta biaya, dimana hal ini selaras dengan perkembangan zaman tentang komputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) mengapa sistem Computer Based Test diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih (2) penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih. (3) dampak penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih. (4) kontrol terhadap dampak penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan tesis ini adalah untuk menganalisis mengapa sistem Computer Based Test diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih. (2) Untuk menganalisis penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih. (3) Untuk menganalisis dampak penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih. (4)Untuk menganalilis kontrol terhadap dampak penerapan sistem Computer Based Test (CBT) dalam evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Banyuputih Dalam penelitian penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari orang dalam lingkungan alamiahnya. Menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap implementasi sistem CBT dalam evaluasi pembelajaran PAI yang diamati. Dari penelitian ini di peroleh suatu data deskriptif yang menggambarkan implementasi, dampak, dan kontrol terhadap sistem CBT dalam evaluasi pembelajaran PAI di MTs Nurul Huda Banyuputih, adapun data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah menjadi sebuah informasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi sistem CBT dalam evaluasi pembelajaran PAI di MTs Nurul Huda Banyuputih sudah efektif dan sangat membantu sekali bagi guru-guru mata pelajaran PAI dalam rangka mengevaluasi pembelajaran dengan online yaitu aplikasi CBT.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur19820110202001D1030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CBT, Evaluasi Pembelajaran, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:02
Last Modified: 05 Feb 2024 04:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item