Misbahudin, Muhammad Ihsan (2023) Implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic pada mata pelajaran matematika siswa kelas v di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319076_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf Download (1MB) |
|
Text
2319076_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika siswa terkait permasalahan pada mata pelajaran matematika kelas V. Untuk mengetahui letak permasalahan yang dimiliki siswa, maka diperlukan suatu cara untuk mendeteksinya, yang disebut assessment diagnostic. Setelah diketahui letak permasalahannya diperlukan suatu treatment untuk mengatasi masalah yang dimiliki oleh siswa. Treatment ini disebut remedial teaching. Baik remedial teaching maupun assessment diagnostic memiliki beberapa keterkaitan. Maka dipilihlah implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic, guna mengatasi problematika tersebut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana proses implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI YMI Wonopringgo 02, Kabupaten Pekalongan. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis proses implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic Pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI YMI Wonopringgo 02, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya berupa penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran kelas V MI YMI Wonopringgo 02, Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI YMI Wonopringgo 02, terbagi menjadi tiga tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor penghambat Implementasi remedial teaching berbasis assessment diagnostic pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI YMI Wonopringgo 02, datang dari rasa kurang percaya diri siswa dan waktu pelaksanaan remedial teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, remedial teaching, assessment diagnostic | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 02:43 | ||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5370 |
Actions (login required)
View Item |