Pengaruh kualitas produk dan kemaslahatan produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen muslim di distributor Air Minum Hexsoul Cabang Kota Pekalongan)

Andriyani s, Putri (2019) Pengaruh kualitas produk dan kemaslahatan produk terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen muslim di distributor Air Minum Hexsoul Cabang Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan sesuai yang diharapkan. Seorang konsumen akan merasa puas jika apa yang diharapkan sesuai dengan yang diinginkannya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu yang pertama kualitas produk. Jika kualitas dari produk tersebut baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen, maka konsumen akan membeli produk tersebut. Selain kualitas produk, kemaslahatan produk juga akan mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli produk tersebut atau tidak karena di dalam al-qur’an juga menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang halal, mempunyai manfaat untuk tubuh dan menghindari mengkonsumsi yang menyebabkan banyak mudharatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang melakukan pembelian air minum Hexsoul lebih dari lima kali di distributor air minum Hexsoul cabang kota Pekalongan sebanyak 234 konsumen dengan sampel sejumlah 100 responden menggunakan rumus Donald R.Cooper dan C.William Emory. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling lalu dilakukan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,244 , nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima (2) kemaslahatan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,304, nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H2 diterima (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,002 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,140, signifikasi 0,002 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H3 diterima (4) kemaslahatan berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,022 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,140, signifikasi 0,022 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H4 diterima (5) keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,399, signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H5 diterima (6) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,158 signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H6 diterima (7) kemaslahatan berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,210 signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H7 diterima. Koefisien Determinasi yang ke 1 angka Adjust Square sebesar 0,575 Ini berarti pengaruh semua variabel kualitas produk (X1) dan kemaslahatan (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Z) sebesar 57,5%. Sedangkan sisanya sebesar 42,5% dipengaruhi faktor atau variabel lain yang tidak dijadikan bahan penelitian ini. Koefisien determinasi yang ke 2 angka Adjust Square sebesar 0,307 Ini berarti pengaruh semua variabel kualitas produk (X1) dan kemaslahatan (X2) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 30,7%. Sedangkan sisanya sebesar 69,3% dipengaruhi faktor atau variabel lain yang tidak dijadikan bahan penelitian ini. koefisien determinasi yang ke 3 angka Adjust Square sebesar 0,334 . Ini berarti pengaruh semua variabel keputusan pembelian (Z) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 33,4%. Sedangkan sisanya sebesar 66,6% dipengaruhi faktor atau variabel lain yang tidak dijadikan bahan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAji, GunawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kemaslahatan Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 19 May 2020 03:25
Last Modified: 19 May 2020 03:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item