Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa pada era society 5.0 di Mts Salafiyah Wonoyoso

Alawiyah, Anggi (2023) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa pada era society 5.0 di Mts Salafiyah Wonoyoso. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119067_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119067_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dari hasil observasi yang di lakukan di MTs Salafiyah Wonoyoso,sekolah yang merupakan madrasah sangat menjunjung tinggi nilai religius siswanya. Terdapat berbagai kegiatan yang mendukung siswa yang berakhlak mulia. Selain siswa di sekolah tersebut terbagi 2 macam, ada yang laju dari rumah dan ada yang tinggal di pondok. Antara keduanya sangat memiliki perbedaan karakter, siswa yang tinggal di pondok lebih unggul tata kramanya, sedangkan siswa yang laju dari rumah mereka lebih gampang terpapar dampak negatifdari sosial media. Selain pihak sekolah guru pendidikan Agama Islam juga memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter siswa yang luhur, maka perlu adanya strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di era Society 5.0. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk karakter siswa di MTs Salafiyah Wonoyoso, bagaimana dampak teknologi informatika terhadap karakter siswa di MTs Salafiyah Wonoyoso dan bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa pada era Society 5.0 di MTs Salafiyah Wonoyoso. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa beraneka ragam, terdapat siswa yang memiliki katakter yang baik dan tidak baik yang terpengaruh dari latar belakang siswa dan lingkungan sekitar masing-masing siswa, siswa yang tinggal di pondok lebih baik dalam adabnya dan siswa yang tinggal dirumah lebih gampang terpapar pengaruh negatif dari kemajuan teknologi. Teknologi berdampak positif dan negatif pada karakter siswa, mereka yang mampu memanfaatkannya secara baik dapat menjadikan siswa lebih kreatif dan menambah ilmu pengetahuan, sedangkan mereka yang tidak mampu memanfaatkan dengan baik lebih banyak menghabiskan aktunya untuk bermai sosial media dan kecanduan game sampai lupa untuk belajar. Strategi yang dilakukan guru PAI yaitu dengan mengenali karakter siswa di era sekarang, Teladan yang diberikan guru baik dari segi religius, tanggung jawab serta didukung dengan kegiatan positif sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHami, WidodoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, pembentukan karakter, era society 5.0
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:30
Last Modified: 12 Feb 2024 03:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5398

Actions (login required)

View Item View Item