Pengembangan produk tabungan syariah matra arisan (marisa) di BMT MATRA Pekalongan

Munasifah, Munasifah (2016) Pengembangan produk tabungan syariah matra arisan (marisa) di BMT MATRA Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012113034 MUNASIFAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2012113034 MUNASIFAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu upaya untuk mempertahankan eksistensi produk dan meningkatkan jumlah nasabah, BMT Matra Pekalongan melakukan pengembangan produk yaitu dengan meluncurkan sebuah inovasi baru pada produk tabungan syariah matra arisan (MARISA) dengan sistem arisan, MARISA merupakan tabungan atau simpanan dengan sistem arisan yang diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat secara perorangan/pribadi. Tabungan syariah MARISA dirancang sebagai sarana investasi jangka pendek yang aman yang dijalankan berdasarkan akad wadiah yad dhamanah. Penyetoran dilakukan setiap bulan sebelum tanggal 10 dengan jangka waktu selama 36 bulan. Setiap bulan pada tanggal 10 akan diundi hadiah langsung dan hadiah hiburan. Di akhir periode akan diundi hadiah-hadiah utama. Penelitian ini mencari jawaban bagaimana strategi pengembangan produk tabungan syariah matra arisan (MARISA) di Pekalongan dan untuk mengetahui bagaimana implikasi pengembangan produk tabungan syariah matra arisan (MARISA) terhadap minat nasabah di BMT Matra Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk tabungan syariah matra arisan (MARISA) di BMT Matra Pekalongan dengan menggunakan Marketing Mix untuk menarik minat konsumen atau memberitahukan akan adanya produk baru yakni tabungan syariah matra arisan (MARISA) dalam meningkatkan volume penjualan dan meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan untuk menghadapi pesaingan. Implikasi terhadap minat nasabah dapat diketahui dengan meningkatnya jumlah nasabah tabungan syariah matra arisan (MARISA) lima tahun terakhir, pada tahun 2011-2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShofiani, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan produk, marketing mix, wadiah yad dhamanah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:33
Last Modified: 29 Dec 2023 09:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item