Upaya peningkatan hasil belajar PAI melalui media bagan di kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014

Purnamasari, Indah (2015) Upaya peningkatan hasil belajar PAI melalui media bagan di kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021310118 INDAH PURNAMASARI BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021310118 INDAH PURNAMASARI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masih banyak siswa kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan pada hasil belajar PAI rendah atau di bawah nilai KKM. Dari 22 siswa hanya 8 siswa yang nilainya diatas 70 atau 36,36% Sedangkan sisanya 63,64% belum mencapai nilai Selama ini penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran kurang maksimal di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya fasilitas dan lebih banyak guru lebih suka menggunakan metode ceramah saja tanpa media. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media bagan dalam pembelajaran PAI di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan bagan dalam pembelajaran PAI di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 dan untuk mengetahui pakah melalui media bagan dapat meningkatkan hasil belajar PAI untuk di SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Pelajaran 2013 / 2014. Kegunaan penelitian bagi guru diharapkan memberikan sumbangan yang positif bagi proses belajar dan mengajar pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian pada sknpsi ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang digunakan dengan analisis persiklus meliputi siklus I dan II, dimana dengan membandingkan hasil belajar siswa yang berupa nilai tes dari kondisi awal sampai pada pelaksanaan siklus II, data Situasi pembelajaran dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Masih banyak siswa kelas IV SDI 01 Wonoprin Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan pada pembelajaran PAI masih rendah atau di bawah ini KKM. Adapun nilai KKM yang ditetapkan 70. Hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II menunjukkan bahwa media bagan dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IV SDI 01 Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Siswa yang belum tuntas sebelum diadakan perbaikan 63,64%. Kemudian setelah diadakan perbaikan siklus I berkurang menjadi 31,82% yang belum tuntas. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II dengan mencapai hasil 95,45%. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 60,20 pada pra menjadi 69,09 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,55 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media bagan, hasil belajar, pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:46
Last Modified: 29 Nov 2023 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5452

Actions (login required)

View Item View Item