Pengaruh ke ikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler Takmir Masjid Nurul Ilmi terhadap prestasi belajar PAI siswa SMAN 3 Pekalongan

ADILLA, SYIFA (2014) Pengaruh ke ikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler Takmir Masjid Nurul Ilmi terhadap prestasi belajar PAI siswa SMAN 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110281 SYIFA ADILLA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021110281 SYIFA ADILLA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Adilla, Syifa. 2014. Pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler Takmir masjid Nurul Ilmi terhadap prestasi belajar PAl siswa SMAN 3 Pekalongan, Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Ijlam, Pembimbing: Dr. H. Fachrullah, M. Hum. Kata Kunci : Pengaruh, keikutsertaan, ekstrakurikuler dan prestasi belajar. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya pelaksanaan jam mata pelajaran PAI dimasa sekarang ini yang hanya 2x45 menit tiap minggunya. sedangkan tuntutan ketercapaian kemampuan siswa semakin kompleks, baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. ] Sehingga sekolah mengadakan program ekstrakurikuler takmir untuk mewujudkan ketercapaian kemampuan siswa dalam mata pelajaran • ] Permasalahan dalam sk:ripsi ini meliputi: bagaimana pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler takmir masjid /nurul ilmi terhadap prestasi belajar PAI siswa SMAN 3 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler takmir masjid nurul ilmi siswa SMAN 3 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini bagi fakultas tarbiyah (STAIN Pekalongan), diharapkan dapat digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang konsep dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Bagi Lembaga Pendidikan, sebagai bahan informasi dan sekaligus untuk melakukan pengembangan• pengembangan mencapai tujuan pembelajaran PAI lainnya. Bagi peneliti, sebagai sumbangan pemikiran dari penelitian yang merupakan wujud aktualisasi peran mahasiswa dalam pengabdiannya terhadap lembaga penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni memadu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, dengan model penelitian kuantitatif digunakan untuk memanifestasi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan: ( 1) pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler takmir masjid nurul ilmi terhadap prestasi belajar PAl siswa SMAN 3 Pekalongan antara lain: keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler takmir masjid nurul ilmi berada pada interval 62-64, termasuk dalam kategori cukup. Prestasi belajar mata pelajaran PAI berada pada interval 81-100, termasuk dalam kategori sangat baik. Dan seteleh diadakan pembahasan dan analisis sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik yang telah diketahui hasil tntung (0.566) lebih kecil dari 'tabet baik taraf signifikan 1% (2.654) maupun 5% (1.997). Sehingga H, diterima dan H, ditolak, dengan demikian hipotesis yang diajukan tidak diterima atau ditolak. Analisis lebih dalam terkait pengaruh keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler Takmir Masjid Nurul llmi, didapatkan basil ketercapaian pada tingkat kecakapan individu yang mempengaruhi jiwa keberrgamaan siswa SMAN 3 Pekalongan yang ikutserta dalam kegiatan ekstrakurikuler Takmir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Fachrullah, H. FachrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, keikutsertaan, ekstrakurikuler dan prestasi belajar.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:13
Last Modified: 03 Jan 2024 10:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item