Peningkatan prestasi belajar melalui metode drill pada mata pelajaran fiqih kelas II MI al-Muawanah Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Muyasaroh, Muyasaroh (2015) Peningkatan prestasi belajar melalui metode drill pada mata pelajaran fiqih kelas II MI al-Muawanah Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311002 MUYASAROH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021311002 MUYASAROH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil dari belajar peserta didik yang diperoleh dari kegiatan sekolah setelah peserta didik berlatih atau belajar dan ditentukan melalui pengukuran atau penilaian. Prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan yang dicapai dari suatu kegiatan di sekolah yang dapat memberikån kepuasan emosional, dan dapat diukur dengan alat atau tes tertentu. Salah satu metode yang digunakan Oleh guru mata pelajaran fiqih di MI Al-Muawanah Kendalrejo dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Il dalam mata pelajaran fiqih adalah dengan menggunakan metode dril. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan prestasi belajar scbelum dan sesudah melalui metode drill pada mata pelajaran fiqih kelas II MI Al-Muawanah Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar sebelum dan sesudah melalui metode drill pada mata pelajaran fiqih kelas II MI Al-Muawanah Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini adalah memberikan masukan kepada gum di MI Al-Muawanah Kendalrejo tentang cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada prestasi belajar sesudah menggunakan metode drill pada mata pelajaran fiqih kelas II MI AlMuawanah Kendalrejo Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata prestasi belajar yang diperoleh dari pra siklus yakni 55 meningkat pada siklus I menjadi 63,26, pada siklus II meningkat menjadi 72,5, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 83,15. Pada pra siklus sebanyak 36 siswa (78,26 %) mendapatkan nilai dengan kategori kurang dan IO siswa (21,74 %) mendapatkan nilai dengan kategori cukup. Pada siklus I sebanyak 46 siswa (1 OO %) mendapatkan nilai dengan kategori cukup. Pada siklus Il sebanyak 18 siswa (39,13 0/0) mendapatkan nilai dengan kategori cukup dan 28 siswa (60,87 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik. Pada siklus III sebanyak 40 siswa (86,95 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik dan 6 siswa (13,05 %) mendapatkan nilai dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, prestasi belajar, metode drill
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:15
Last Modified: 29 Nov 2023 09:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5465

Actions (login required)

View Item View Item