Falakh, Miftakhul (2015) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021311008 MIFTAKHUL FALAKH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (27MB) |
|
Other (Thesis)
2021311008 MIFTAKHUL FALAKH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
Abstract
Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan bermasyarakat serta mendorong dan !memberikan contoh kepada anaknya bagaimana menerapkan norma-norma tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Positif negatifnya kepribadian siswa tergantung pada bimbingan keluarga yang diterapkan pada anaknya. Banyak siswa yang mengalami tindakan penyimpangan akibat tidak adanya bimbingan dari keluarganya. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini ada]ah Bagaimana bimbingan orang tua siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? dan Bagaimana pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan orang tua siswa kelas V MIS Samborejo 02, untuk mengetahui kepribadian Siswa kelas V MIS Samborejo 02, dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02. Kegunaannya diharapkan berguna bagi orang tua di MIS Samborejo 02 agar menerapkan bimbingan tepat pada anaknya memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kepribadian dan masa depan anaknya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi liniear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bimbingan orang tua siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan adalah sangat baik. Nilai persentase angket tentang bimbingan orang tua siswa kelas V MIS Samborejo 02 (Variabel X) sebesar 82,61 % berada pada interval 81,28 % 100 % yang berarti berada pada kategori Sangat baik. Kedua, kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan adalah sangat baik. Nilai persentase angket tentang kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02 (Variabel Y) sebesar 85,79 % berada pada interval 81,28 % 100 % yang berarti berada pada kategori Sangat baik. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian siswa kelas V MIS Samborejo 02. Didapatkan hasil Gest 1,173 dengan N = 34. Pada tingkat signifikan nilai ttabcl = 0,449 maka ttcst > Gabel = 1,173 > 0,449. Sedangkan pada tingkat signifikan nilai = 0,349 maka ttest= 1,173 > 0,349, maka berarti HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap pembentukan kepribadian sisma kelas V MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Maka hipotesisnya dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan orang tua, kepribadian siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2023 09:27 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2023 09:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5469 |
Actions (login required)
View Item |