Pengaruh bimbingan orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Musyarofah, Musyarofah (2014) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311026 MUSYAROFAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other (Thesis)
2021311026 MUSYAROFAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat, karena dalam keluarga manusia dilahirkan, yang kemudian berkembang menjadi dewasa. Bentuk dan isi Serta cara-cara pendidikan dalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh kembangnya watak, budi pekerti, dan kepribadian tiaptiap manusia. Pendidikan yang diterima dalam keluarga inilah yang akan digunakan Oleh anak sebagai dasar untuk mengikuti pendidikan Selanjutnya di sekolah atau masyarakat. Tugas dan tanggung jawab orang tua dalam keluarga terhadap pendidikan anak-anak lebih bersifat pembentukan watak dan budi pekerti,serta latihan ketranipilan dan pendidikan sosial. Tujuan penelitian adalah mengetahui bimbingan orang tua di Kecamatan Blado Kabupaten Batang, mengetahui kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang, mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Kegunaan penelitian sebagai bahan masukan bagi para orang tua khususnya yang ada di Kecamatan Blado KabUpaten Batang guna meningkatkan bimbingan dan perhatian terhadap kepribadian anak. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini angket, dokumentasi, dan observasi,. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus statistik regresi linier sederahana dengan menggunakan pengolahan prograrn SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bimbingan Orang tua di Kecamatan Blado Kabupaten Batang adalah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase angket tentang bimbingan orang tua di Kecamatan Blado Kabupaten Batang (Variabel X) sebesar 91,5 % berada pada interval 80 % S % S IOO % yang berarti berada pada kategori sangat baik. Kedua, Kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang adalah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase angket tentang kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang (Variabel Y) sebesar 82,6 % berada pada interval 80 % S % IOO % yang berarti berada pada kategori sangat baik. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil ttcst = 1,949 dengan N = 31. Pada tingkat signifikan 1% nilai = 1,949 maka tes > tabel = 1,949 > 1,699. Sedangkan pada tipgkat signifikan 5% nilai ttabcl = 0,683 maka tes > = 1,949 > 0,683, maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh bimbingan orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Maka hipotesis yang peneliti ajukan yaitu: "Bahwa terdapat penga_ruh yang signifikan antara bimbingan Orang tua terhadap kepribadian anak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang" dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan orang tua, kepribadian anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:49
Last Modified: 29 Nov 2023 09:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item