Penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 11 Pekalongan.

Sammirna, Nina (2019) Penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 11 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran dilakukan oleh hampir setiap guru, di dalamnya terdapat ringkasan materi dari buku paket dan latihan soal yang dapat dikerjakan oleh siswa secara mandiri. kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam tidak hanya memberikan sejumlah materi tentang agama kepada siswa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi lebih penting bagaimana agar materi tersebut dapat dipahami dan dapat mempengaruhi dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan belajar ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah minat belajar. Minat dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu faktor yang besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Siswa yang minat belajarnya tinggi akan memperoleh prestasi belajar baik. Pentingnya motivasi belajar siswa terbentuk antara lain agar terjadi perubahan belajar ke arah lebih positif. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana penggunaan bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengunaan bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Pekalongan. Pendekatan yang digunanakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian langsung ke lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian yang peneliti lakukan dapat di ketahui bahwa, penggunaan LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini dapat di ketahui dari adanya beberapa kesesuaian antara indikator minat belajar yang ada dengan keadaan siswa yang sebenarnya. Dari enam indikator minat belajar, ada beberapa indikator minat belajar yang ada di SMP Negeri 11 Pekalongan, antara lain: a) Tekun mengerjakan tugas, b) Ulet menghadapi kesulitan, c) Cepat bosan pada tugas-tugas yang bersifat rutinitas dan mekanis, d) Senang mencari dan memecahkan soal-soal. Adapun faktor pendukung dari penggunaan LKS dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu: 1) Adanya minat yang tinggi dari siswa terhadap materi yang di ajarkan, 2) Siswa menjadi lebih aktif dan mandiri dalam belajar, 3) Pendidik dapat mengembangkan dan menyesuaikan media dengan kondisi yang ada. Adapun faktor penghambat yaitu: 1) Siswa beranggapan bahwa isi materi LKS sudah lengkap, 2) Terkadang materi tidak sesuai dengan kurikulum, 3) Minimnya alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 19 May 2020 04:59
Last Modified: 19 May 2020 04:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item