Penerapan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan mengenal matematika dasar anak kelompok A di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan

Najah, Safinatun (2018) Penerapan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kemampuan mengenal matematika dasar anak kelompok A di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Salah satu perkembangan kecerdasan intelektual yang harus dikembangkan sejak kanak-kanak yaitu kecerdasan kognitif. Salah satu upaya untuk mengembangkan kecerdasn kognitif pada anak khususnya dalam hal mengenal matematika dasar dapat dilakukan dengan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk anak usia dini. Metode gerak dan lagu merupakan kegiatan yang sangat mudah untuk diterapkan, simple, bisa mengembangkan aspek pembelajaran serta mengembangkan kemampuan atau kecerdasan kognitif anak. Gerak dan lagu dapat memudahkan anak dalam mengingat atau menangkap apa yang akan diajarkan oleh guru. Menggunakan metode gerak dan lagu merupakan cara yang efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dasar pada anak karena anak usia dini akan lebih tertarik untuk memperhatikan dan akan lebih melekat pada ingatan anak. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan mengenal matematika dasa anak kelompok A di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan metode gerak dan lagu dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal matematika dasar anak kelompok A di RA Muslimat NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan. Dalam prosesnya penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa penerapan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan mengenal matematika dasar siswa kelompok A RA Muslimat NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan, hal tersebut terlihat dari prosentase kemampuan megenal angka matematika dasar pada siswa. Sebelum diberi tindakan (pra-siklus) prosentase siswa yang belum mengenal angka mencapai 64,2%, siswa yang sudah mulai mengenal angka 21,4%, dan siswa yang cukup mengenal angka 14,2%; setelah dilakukan tindakan I (siklus I) siswa yang belum mengenal angka menjadi 7,1%, siswa yang mulai mengenal angka mengalami peningkatan pencapaian menjadi 57,1%, siswa yang cukup mengenal angka 28,5%, dan siswa yang sudah mengenal angka ada 7,1%. Pada akhir tindakan (siklus II) siswa yang sudah cukup mengenal angka ada 21,4%, siswa yang sudah mengenal angka 21,4%, dan siswa yang sudah sangat mengenal angka ada 57,1%. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran kemampuan mengenal matematika dasar dengan metode gerak dan lagu mengalami peningkatan sesuai tujuan yang diharapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Matematika Dasar, Metode Gerak dan Lagu
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 26 May 2020 08:48
Last Modified: 26 May 2020 08:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item