Upaya Badan Koordinator Taman Pendidkan Al-Qur’an (Badko Tpq) Kota Pekalongan Dalam Membina Profesionalitas Guru-Guru Tpq Mengajarkan Metode Fashohati

Maula, Inayatul (2023) Upaya Badan Koordinator Taman Pendidkan Al-Qur’an (Badko Tpq) Kota Pekalongan Dalam Membina Profesionalitas Guru-Guru Tpq Mengajarkan Metode Fashohati. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118211_COVER_BAB I DAN BAB V.PDF

Download (1MB)
[img] Text
2118211_FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Inayatul Maula. NIM 2118211. 2023. Upaya Badan Koordinator Taman Pendidikan Al – Qur’an (Badko TPQ) Kota Pekalongan Dalam Membina Profesionalitas Guru – Guru TPQ Mengajarkan Metode Fashohati. Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongsn. Pembimbing Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M, A. Badan Koordinator Taman Pendidikan Al – Qur’an (Badko TPQ) merupakan salah satu lembaga non profit yang kegiatannya mengkoordinir dari kegiatan dan keberadaan dari TPQ dan madrasah diniyah dilingkungannya. Kekuatan dalam metode fashohati untuk mencetak genarasi Qur’ani tidak hanya buku atau kitab fashohati yang digunakan santri – santri dalam membaca AlQur’an, tetapi guru yang profesional juga salah satu kekuatan utama dalam pembelajaran metode fashohati. Untuk mencetak guru profesional yaitu agar tetap terjaga kompetensi profesional guru, sangat diperlukan upaya untuk membina profesionalitas guru – guru TPQ dalam mengajarkan metode fshohati. Sehingga tujuan fashohati dapat tercapai dengan maksimal. Adapun rumusan masalah yang diajukan penelitian adalah bagaimana upaya yang dilakukan badan koordinator Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ) Kota Pekalongan dalam membina profesionalitas guru-guru TPQ mengajarkan metode fashohati, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya Badan Koordinator Taman Pendidikan Al-Qur’an (Badko TPQ) Kota Pekalongan dalam membina profesionalitas guru-guru TPQ mengajarkan metode fashohati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan Badan Koordinator Taman Pendidikan Al-Qur’an (Badko TPQ) Kota Pekalongan dalam membina profesionalitas guru-guru TPQ mengajarkan metode fashohati, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat badan koordinator Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ) Kota Pekalongan dalam membina profesionalitas guru-guru TPQ mengajarkan metode fashohati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya mengggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1)Upaya Badan Kooordinator TPQ Kota Pekalongan dalam membina profesionalitas guru-guru TPQ yang mengajarkan metode fashohati yaitu pendalaman materi kitab fashohati, pembinaan metode fashohati, dan evaluasi 2)Dalam kegiatan tersebut ada faktor pendukung yaitu:Adanya dukungan pemerintah, respon yang bagus dari setiap penyelanggara TPQ kota, adanya dukungan pihak ponpes chumairoh. Adapun Faktor penghambat yaitu: Kurang antusiasnya guru TPQ dalam mengikuti pembinaan ini dan terbatasnya waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathudin, ubaidiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profesionalitas Guru, Metode Fashohati
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:08
Last Modified: 04 Dec 2023 04:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item