Pelaksanaan layanan home visit dalam mendampingi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni

Rizqi, Arina (2023) Pelaksanaan layanan home visit dalam mendampingi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3519027_COVER_BAB I_BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3519027_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan bullying yang dialami di SMPN 01 Kedungwuni dalam bentuk bullying verbal. Bullying verbal yang pernah dialami oleh siswa SMPN 01 Kedungwuni seperti dihina dengan pernyataan yang kasar, disoraki, diancam akan dikucilkan, diejek tubuh korban. Dengan ucapan dari pelaku yang seperti itu menyebabkan dampak buruk pada korban menjadi sakit hati, minder, lebih memilih sendiri, tidak mau berangkat sekolah, prestasi menjadi menurun dan menjadi merasa dirinya bodoh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni? dan bagaimana pelaksanaan layanan home visit dalam mendampingi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni?. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni dan mengetahui pelaksanaan layanan home visit dalam mendampingi siswa korban bullying verbal di SMPN 01 Kedungwuni. Kegunaan dari penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang Bimbingan Penyuluhan Islam. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Pendekatan keilmuan menggunakan teori bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying verbal yang dialami setiap korban itu berbeda seperti disoraki, diejek nama orang tuanya, dihina, diancam, dan sebagainya. Faktor penyebab menjadi korban bullying dikarenakan siswa punya karakter pendiam atau penakut, faktor fisik, dan faktor perbedaan agama. Kondisi dari siswa korban bullying verbal sudah adanya perubahan yang ditunjukkan dari prestasi yang telah meningkat, rajin berangkat sekolah, lebih percaya diri, dan sudah tidak melakukan perbuatan bullying verbal. Pelaksanaan layanan home visit yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: Perencanaan home visit, Pelaksanaan home visit, Evaluasi home visit, Analisis Evaluasi home visit, Tindak lanjut home visit, dan Laporan home visit

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi, Muhamad Rifa'iUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan home visit, bullying verbal
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:28
Last Modified: 02 Feb 2024 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item