Az Zahra, Siti Fatimah (2023) Implementasi metode drill dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa pada mata pelajaran al-qur'an hadis di MI Al-Huda Babalan Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2319230_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (5MB) |
|
Text
2319230_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menghafalkan juz 30 maupun hadis dalam mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis, dalam mengatasi kesulitan tersebut menggunakan metode drill yang di gunakan pada kelas V di MI Al-Huda Babalan Kidul Bojong. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksaanaan dan evaluasi metode drill tersebut dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa di MI Al-Huda Babalan Kidul Bojong Pekalongan?, (2) Bagaimana pelaksanaan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa di MI Al-Huda Babalan Kidul Bojong Pekalongan?, (3) Bagaimana evaluasi penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa di MI Al-Huda Babalan Kidul Bojong Pekalongan?. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: Kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (Verifikasi data). Sedangkan uji validasi data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode drill dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa di MI Al-Huda Babalan Kidul Bojong sudah efektif dan berjalan dengan baik. Perencanaan metode drill dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa yaitu, guru membuat administrasi pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, Program Tahunan, dan Program Semester pada awal tahun pembelajaran. Pelaksanaan metode drill dalam mengatasi kesulitan hafalan siswa yaitu terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi penerapan metode drill yaitu guru menyuruh siswa untuk maju ke depan menyetorkan hafalannya, selain itu ada tugas-tugas seperti latihan soal, tugas kelompok, tugas terstruktur dan tidak terstruktur, ulangan harian, dan juga ada tugas membuat kaligrafi secara individu. Untuk siswa yang kurang nilai nya pada saat hafalan akan ada tindak lanjut yaitu remedial, yang berupa hafalan surat lagi atau menuliskan surat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi metode drill, kesulitan hafalam, al-qur’an hadis | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2023 09:02 | ||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5626 |
Actions (login required)
View Item |