Upaya meningkatkan kemapuan berbahasa anak usia 4-5 tahun kelompok A3 melalui media kartu kata bergambar di RA muslimat NU masyithoh 08 kertoharjo pekalongan selatan

Nazilah, Ma'rifatun (2023) Upaya meningkatkan kemapuan berbahasa anak usia 4-5 tahun kelompok A3 melalui media kartu kata bergambar di RA muslimat NU masyithoh 08 kertoharjo pekalongan selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2024116009_COVER BAB 1 DAN 5_DP.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2024116009_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http: //perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, seberapa besar peningkatan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu kata bergambar padakelompok A3 di RA Muslimat NU Masyithoh 08 Kertoharjo Pekalongan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A3 RA Muslimat NU Masyithoh 08 Kertoharjo Pekalongan Selatan yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknikpengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakanadalah lembar observasi (chek list). Teknik analisis data dilakukan secaradeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian iniadalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalamipeningkatan dalam kemampuan berbahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak melalui media kartu kata bergambar pada kelompok RA Muslimat NU Masyithoh 08 Kertoharjo Pekalongan Selatan. Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media kartu kata bergambar ini terlihat dari rata-rata pengembangan yang semula pada masaPra Siklus skor 19 dengan kriteria MB dengan prosentase 47%, kemudian pada Siklus I rata-rata berkembang menjadi skor 23 kriteria BSH dengan prosentase 58%,dan pada siklus II rata-rata berkembang menjadi skor 30 dengan kriteria BSH dengan prosentase 75%. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak melalui media kartu kata bergambar mampu meningkatkankemampuan berbahasa anak usia dini karena persentaseyang dicapai sudah mencapai dari indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa Anak, Media Kartu Kata Bergambar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:05
Last Modified: 15 Feb 2024 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5650

Actions (login required)

View Item View Item