Penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas xi pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang

Najibah, Mila Hidayatun (2023) Penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas xi pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119343_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119343_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian pada skripsi ini didasarkan pada pengetahuan mengenai metode gabungan wahdah dan kitabah yang secara umum belum banyak digunakan oleh Lembaga Pendidikan maupun majelis ilmu di sekitar tempat tinggal peneliti. Dengan demikian peneliti tertarik dengan penerapan metode gabungan ini di MA YIC Bandar. Pada dasarnya kemampuan hafalan seseorang berbeda-beda, begitu pula metode yang digunakan sebagai sarana menghafal juga berbeda-beda. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan adanya penggabungan antara beberapa metode dengan tujuan memberikan pengembangan metode yang lebih baik dan memberi hasil yang lebih baik pula. Pada penelitian kali ini peneliti merumuskan tiga masalah sebagai dasar penelitian ini dilakukan yaitu, (1) bagaimana penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang, (2) bagaimana keunggulan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang, (3) bagaimana kelemahan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang, serta untuk mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sumber data yang berasal dari sumber berupa Pustaka maupun sumber yang berasal dari perorangan. Sedangkan Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah Teknik analisis Milles, Huberman dan Saldana dengan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, tahap kondensasi data, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah (MA) Yayasan Islamic Center (YIC) Bandar Kabupaten Batang melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, keunggulan penerapan metode gabungan ini diantaranya metode ini mudah diterapkan, peserta didik dapat lebih lama mempertahankan hafalannya, tidak hanya pelafalannya, namun peserta didik juga hafal secara tulisan, peserta didik bisa lebih jelas untuk melafalkan makhorijul hurufnya dan tajwidnya karena ingat jelas tulisannya, bacaannya bisa lebih tartil, saat penerapan, sebagain besar peserta didik lebih tenang dalam menghafal sehingga membuat kondisi kelas tidak ramai dan lebih terkondisikan, bagi peserta didik yang awalnya tidak bisa menuliskan tulisan Bahasa Arab, perlahan mulai bisa menuliskannya. Ketiga, kelemahan penerapan metode ini diantaranya bagi peserta didik yang belum lancar atau belum bisa menuliskan tulisan Bahasa Arab mengalami kesulitan selain itu, metode ini menghabiskan waktu yang cukup banyak atau lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode gabungan wahdah dan kitabah, peningkatan kualitas hafalan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:37
Last Modified: 19 Feb 2024 02:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item