Mas'adah, Ajirotul (2023) Implementasi Metode al-Muhakah wa al-Tikrar (Pengulangan Bunyi Huruf) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Istima'Di MTs Ma'arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2219097_COVER BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2219097_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
AJIROTUL MAS’ADAH, 2023. Metode al-Muhakah wa al-tikrar (Pengulangan Bunyi Huruf) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Maharah Istima’ di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Pembimbing:Dr. Abdul Basith, M.Pd. Metode al-Muhakahwa al-Tikrar (pengulangan bunyi huruf) dalam pembelajaran bahasa Arab, bertujuan agar siswa mudah dalam menerima pembelajaran bahasa Arab terutama dalam kosakata-kosakata Arab. Metode ini dapat memudahkan siswa dalam menghafalkan kosakata bahasa Arab yang sebelumnya sulit untuk mereka hafalkan. Metode al-Muhakah wa al-Tikrar ini dapat menambah kosakata Arab untuk semua peserta didik di MTs Ma’arif Karanganyar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi metode al Muhakah wa al-Tikrar (pengulangan bunyi huruf) dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharah istima’ kelas VIII di MTs Ma’arif Karanganyar ? 2. Apa saja kelebihan dan kekurangan implementasi metode al-Muhakah wa al-Tikrar (pengulangan bunyi huruf) dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharahistima’ kelas VIII di MTs Ma’arif Karanganyar? Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, dan siswa-siswi kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar. Sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah, dokumentasi, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode ini yaitu guru setiap memulai pembelajaran bahasa Arab selalu memberikan kosakata untuk mereka dapat membaca kosakata bahasa Arab dengan maharah al-istima’ dan kosakata bahasa Arab tersebut dapat dihafalkan di rumah. 2. Kelebihan pada metode ini yaitu: dapat memperkuat daya ingat siswa, memudahkan siswa guna mendengar, membaca, juga menulis kata-kata bahasa Arab yang kemudian untuk mereka hafalkan. Kelemahan pada metode ini yaitu : siswa tidak menyukai pembelajaran bahasa Arab, kesulitan menghafal kosakata, serta lupa akan kosakata yang telah dihafal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Metodeal-Muhakah wa al-Tikrar, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:41 | ||||||||
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5669 |
Actions (login required)
View Item |