Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Kecamatan Comal Pemalang

Lestari, Diah Indah (2023) Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Kecamatan Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4218070_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4218070_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

DIAH INDAH LESTARI. Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Kecamatan Comal Pemalang. Masyarakat khususnya di kecamatan Comal sudah banyak yang memiliki rekening di bank. Akan tetapi tidak semua pemilik rekening tersebut melakukan aktivasi mobile banking di telepon selulernya. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah kekhawatiran masyarakat terhadap risiko yang ditimbulkan dari penggunaan mobile banking, serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan kemudahan dalam menggunakan mobile banking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, pengaruh kemanfaatan dan pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di Kecamatan Comal Pemalang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (Kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analsis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefesien determinasi (R2 ) dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di Kecamatan Comal Pemalang. Sementara itu variabel persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking di Kecamatan Comal Pemalang. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,603 atau 60,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi risiko, persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan. ABSTRACT DIAH INDAH LESTARI. The Influence of Perceived Risk, Perceived Benefit and Perceived Ease of Use on Customer Interests in Using Mobile Banking in Comal District, Pemalang. Many people, especially in the Comal sub-district, already have bank accounts. However, not all account holders activate mobile banking on their cell phones. Several factors that influence this are public concern about the risks arising from the use of mobile banking, as well as the lack of public knowledge about the benefits and convenience of using mobile banking. The purpose of this study was to determine the effect of risk perception, the effect of expediency and the effect of ease of use on customers' interest in using mobile banking in Comal Pemalang District. The approach used in this research is quantitative. The data collection method in this study was a questionnaire method (questionnaire) using a sample of 100 respondents. The sampling technique used purposive sampling method. The data analysis technique used is validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression analysis test, hypothesis test and coefficient of determination test (R2) with the help of SPSS 22.0. The results of the study revealed that perceived usefulness and perceived ease of use had an effect on customers' interest in using mobile banking in Comal Pemalang District. Meanwhile, the risk perception variable has no effect on customers' interest in using mobile banking in Comal Pemalang District. The coefficient of determination (R2) is 0.603 or 60.3%. So it can be concluded that the variables perceived risk, perceived usefulness and perceived ease of use have a significant effect on intention to use.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsfandiar, Ali AminUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keywords: Perception, Risk, Ease of Use, Benefit a Persepsi, Risiko, Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan dan Minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:44
Last Modified: 04 Dec 2023 01:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/5689

Actions (login required)

View Item View Item